Breaking News:

Tak Layak Dapat Adipura, LSM Menggugat ke KLH

LSM lingkungan hidup Jaringan Nurani Indonesia melayangkan gugatan ke KLH terkait penghargaan Adipura Kencana yang diperoleh Kota Tangerang.

Warta Kota/Adhy Kelana
Ilustrasi - Abang-none tengah membawa piala Adipura untuk Jakarta Selatan di halaman kantor Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Selasa (11/6). Jakarta Selatan mendapat penghargaan Adipura untuk ke delapan kalinya dalam keindahan, kebersihan dan ketertiban. 

WARTA KOTA, TANGERANG - LSM lingkungan hidup Jaringan Nurani Indonesia melayangkan gugatan ke Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) terkait penghargaan Adipura Kencana yang diperoleh Kota Tangerang.

Ketua Jaringan Nurani Indonesia, Yunus Al Barzanzi mengatakan bahwa pihaknya melakukan gugatan didasari aturan yang tertera dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup.

"Dasarnya adalah Pasal 35 Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 07 Tahun 2011 tentang Pelaksanaan Program Adipura. Tertera bahwa penerima penghargaan Adipura yang tidak dapat menjaga kualitas lingkungan perkotaan secara berkelanjutan dalam kurun waktu satu periode pelaksanaan Program Adipura, maka anugerah Adipura Kencana dicabut oleh menteri," kaya Yunus.

Yunus memaparkan, gugatan itu dilayangkan karena pihaknya menilai Pemerintah Kota Tangerang belum secara totalitas menangani masalah sampah di Kota Tangerang.

"Kebersihannya masih terfokus di pusat kota saja. Sebagai warga Kota Tangerang, jelas kami bangga atas penghargaan Anugerah Adipura Kencana tahun 2014 yang diraih kemarin ini. Namun di satu sisi, kami punya beban dan tanggung jawab moral untuk menyampaikan kebenaran dari perspektif lain," ujar Yunus.

Penulis:
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved