Breaking News:

Mutiara Ramadan

Membaca Al Quran Secara Benar

Ramadan adalah bulan Al Quran. Hanya di bulan ini syiar Al Quran begitu terasa.

Kompas.com
Ustaz Muhammad Arifin Ilham. 

Oleh Ustaz Muhammad Arifin Ilham

Ramadan adalah bulan Al Quran. Hanya di bulan ini syiar Al Quran begitu terasa. Tadarus Al Quran misalnya, begitu memenomena dari pengeras suara surau dan masjid, yang di bulan lain sangat jarang dilakukan. Tidak sedikit orang berlomba untuk mengkhatamkannya dan karenanya menjadi pemandangan lain dengan Ramadan ini.

Saat membaca Al Quran, hendaknya yang dipikirkan bukanlah bagaimana segera sampai pada akhir juz atau akhir surat. Yang dipikirkan hendaknya bagaimana kita paham saat membaca hingga akhirnya mendatangkan pengaruh.

Abu Jumrah ra. berkata: “Aku pernah berkata kepada Ibnu Abbas bahwa aku cepat dalam membaca. Aku biasa mengkhatamkan dalam tiga hari. Ibnu Abbas menjawab: "Aku lebih senang hanya membaca surat Al-Baqarah semalaman dengan tartil dan tadabur, daripada membaca banyak sepertimu."

Ibnu Mas’ud ra. juga berwasiat kepada kita semua: “Janganlah membaca Al Quran seperti membaca syair atau cerita. Tapi bacalah dengan menghayati keajaibannya. Gerakkanlah hatimu saat membacanya. Jangan memikirkan kapan akan sampai pada akhir surat.”

Ibnul Qayyim ra. mengatakan, “Membaca Al-Qur’an dengan penuh tadabur dan tafakur adalah hal yang paling bermanfaat untuk hati. Karena di dalam Al Quran terdapat kisah orang-orang yang berjuang mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala. Seandainya saja orang-orang tahu manfaat membaca Al Quran dengan tadabur, mereka pasti akan meninggalkan kesibukan yang lain. Karena membaca satu ayat dengan tafakur lebih baik dari mengkhatamkan seluruh Al Quran.”

Karena itu, masih ingin mengejar khatam Al Quran dengan melombakannya? Ingin cepat khatam? Yuk ah, untuk Ramadan tahun ini, saatnya kita membaca Al Quran berikut dengan mentadaburinya. Tentu hal ini tetap lebih mulia dari pada mereka yang sama sekali tidak pernah penyentuh dan membaca Al Quran. Alias masih malas bersahabat dengan Al Quran. Semoga! (*)

Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved