Pilpres 2014

Siang Ini Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara di Tingkat Kota

KPUD Jakarta akan merekap secara serentak rekapitulasi penghitungan perolehan suara di tingkat kota.

Siang Ini Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara di Tingkat Kota
Warta Kota/henry lopulalan
Panitia pemungutan suara melakukan rekapitulasi atau penghitungan suara tingkat kelurahan Menteng, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (10/7/2014). Kegiatan rekapitulasi di kelurahan yang dikelola PPS (Panitia Pemungutan Suara tingkat desa) dimulai dari tanggal 10 - 12 Juli, kemudian dilanjutkan dengan rekapitulasi di tingkat kecamatan (13-15 Juli), tingkat kabupaten/kota pada tanggal (16-17 Juli), tingkat provinsi (18-19 Juli) dan akan dilanjutkan ke tingkat nasional pada 20-22 Juli mendatang. 

WARTA KOTA, JAKARTA - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPUD) Provinsi DKI Jakarta, Sumarno mengatakan, siang ini sekitar pukul 13.00 WIB, akan merekap secara serentak rekapitulasi penghitungan perolehan suara di tingkat kota.

Hal demikian dikatannya langsung di kantor KPUD Provinsi DKI Jakarta, Jalan Budi Kemuliaan, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (16/07/2014).

"Untuk hari ini, tepatnya siang sekitar jam satu siang lah, hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara, baru direkap di tingkat kota akan dilaksanakan," kata Sumarno.

Selain itu, ia kembali mengatakan untuk sementara belum bisa diketahui berapa total keseluruhan suara yang sah maupun tidak sah untuk seluruh DKI Jakarta.

Bahkan ia menyimpulkan, dari rapat pelno nanti, akan diketahui apakah masih ada kekeliruan dalam penghitungan maupun penjumlahan suara pemilu presiden dan wakil presiden.

"Kalau dikatakan berapa suara yang sah atau tidak sah belum diketahui, masalahnya ini baru kita lakukan rekap rekapitulasi tingkat kota. Setidaknya dari pleno tingkat tersebut bisa diketahui dimana letak kekeliruan dalam penghitungan maupun penjumlahan surat suara pemilu," tuturnya.

Senada dengan Anggota KPUD Provinsi DKI Jakarta, Fadil, ia menyampaikan pelaksanaan rekap pada pleno siang nanti untuk Jakarta Pusat di Hotel Central, Jakarta Barat di Hotel Mega Anggrek, Jakarta Selatan di Hotel Maharaja, Jakarta Timur di Desa Wisata, Jakarta Utara di Hotel Mercure, dan untuk Kepuluan Seribu di Pulau Pramuka.

"Semuanya akan di mulai siang nanti jam 13.00 WIB," kata Fadil.

Senada dengan Anggota KPUD Jakarta lainnya, Mochammad Sidik, ia mengatakan diperkirakan rekap rekapitulasi penghitungan perolehan suara akan tingkat kota akan selesai malam ini.

Tak hanya itu, ia menuturkan diharapkan pada pemilu tahun ini tidak terjadi kekeliruan dalam penghitungan maupun penjumlahan suara di seluruh DKI Jakarta.

"Mungkin hasilnya malam ini, akan di bawa ke sini (KPUD Provinsi DKI Jakarta). Semoga saja tidak terjadi kekeliruan baik dalam penghitungan maupun penjumlahan," katanya.

Ia juga mengakui KPU Pusat sudah transparan memberikan hasil scan yang sudah terupload di website resmi KPU. Hal demikian akan mempermudah masyarakat untuk mengetahui hasil perolehan penghitungan suara di setiap kelurahan.

"Sebenarnya, kita sudah transparan loh soal hasil scan C1 yang di upload di KPU Pusat. Hampir 100 persen yang di upload. Jadi tinggal liat gambarnya aja. Misal mau lihat kelurahan gondangdia, bisa dilihat disitu hasilnya," ujar Sidik di ruang kerjanya, KPUD Provinsi DKI Jakarta, Jalan Budi Kemuliaan, Gambir, Jakarta Pusat. (Panji Baskhara Ramadhan)

Editor: Lucky Oktaviano
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved