Kejuaraan Dunia Arung Jeram

Ini Kabar Gembira buat Penggemar Arung Jeram

Indonesia akan menyelenggarakan Kejuaraan Dunia Arung Jeram R6 pada 28 November-12 Desember 2015 di Sungai Citarik, Sukabumi, Bogor.

Ini Kabar Gembira buat Penggemar Arung Jeram
disparbud.jabarprov.go.id
Arung jeram Sungai Citarik, Bogor, Jawa Barat 

WARTA KOTA, JAKARTA - - Indonesia akan menyelenggarakan Kejuaraan Dunia Arung Jeram (World Rafting Championship) R6 (enam pedayung) pada 28 November-12 Desember 2015 di Sungai Citarik, Sukabumi, Bogor.

"Kejuaraan ini akan diikuti 60 negara dan sekitar seribu orang akan ambil bagian di dalamnya," kata Ketua Harian Pengurus Besar Federasi Arung Jeram Indonesia (PB FAJI) Amalia Yunita di Jakarta, Rabu (16/7/2014).

Terpilihnya Indonesia menjadi tuan rumah, menurut Amalia, merupakan kebanggaan karena diperlukan waktu yang tidak sebentar, dari tahun 2012 hingga awal 2013, dan ada penilaian khusus dari International Rafting Federation (IRF).

"Indonesia menyingkirkan kandidat kuat lain untuk menjadi tuan rumah, yaitu Australia dan Brazil," ujar perempuan yang juga menjabat sebagai judge assesor di IRF itu.

Indonesia akan mengikutsertakan seluruh tim atlet arung jeram dari kelompok umur yunior (usia 16-19 tahun), youth (19-23 tahun), dan open (semua umur). Sementara partisipasi kelompok umur master (50 tahun ke atas) masih menunggu kepastian.

Amalia mengatakan momentum ini harus dimanfaatkan untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia bisa berprestasi dalam olahraga arung jeram dan menunjukkan kepada dunia bahwa objek pariwisata Indonesia bukan hanya keindahan laut, namun juga sungai.

Untuk menyukseskan kompetisi bertaraf internasional ini, kata Amalia, PB FAJI mengharapkan dukungan dari semua pihak.

"Dukungan dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, pihak swasta, masyarakat Jawa Barat, dan masyarakat Indonesia akan sangat berguna untuk kelancaran acara ini," ujar Amalia.

Selama keikutsertaan di kejuaraan dunia, Indonesia pernah meraih prestasi menjadi 'runner up' pada nomor lomba 'sprint' ketika kejuaraan itu dilaksanakan di Belanda tahun 2008. (Antara)

Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved