Breaking News:

Mutiara Ramadan

Belajar pada Uwais al-Qornie

Belajar untuk tetap yakin bahwa Allah pasti akan membalas sekecil apa pun kebaikan kita, meski sepi dari apresiasi manusia.

Kompas.com
Ustaz Muhammad Arifin Ilham. 

Oleh Ustaz Muhammad Arifin Ilham

Hari ini di separo lebih sedikit dari Ramadan kita, saya ingin mengajak pembaca yang budiman belajar banyak pada Uwais al-Qornie (w. 657 M). Belajar untuk tetap yakin bahwa Allah pasti akan membalas sekecil apa pun kebaikan kita, meski sepi dari apresiasi manusia. Sosok sejarah ini teramat agung di mata Allah dan Rasul-Nya. Buah keikhlasan dan kesabarannya Allah menyilakan sebelum beliau masuk surga nanti untuk memberi syafaat kepada dua kaumnya dan Nabi menyebutnya sebagai orang yang sangat terkenal di langit meski tidak dikenal di bumi.

Sosok tabi'in mulia ini sebenarnya hidup di masa Rasulullah namun karena tidak tertakdirkan berjumpa dengan beliau, maka bukan berkategori shahabat. Definisi shahabat dalam Ilmu Hadits adalah mereka yang hidup di masa Rasulullah, beriman kepadanya dan pernah berjumpa atau melihat meski sekali wajah Rasulullah.

Uwais, pemuda asal Qaran, Yaman ini hari itu berpamitan kepada ibunya untuk pergi ke pasar ternak. Ibunya yang sudah sepuh dan lumpuh memberinya restu. Di salah satu sudut pasar pemuda bersuku Muraad ini membeli lembu atau kerbau yang masih kecil. Setelah deal harga, lelaki berwajah belang karena penyakit sopak ini membawanya pulang dengan memanggulnya.

Hari-hari Uwais yang dikenal sebagai penggembala kambing ini kini dilaluinya dengan aktivitas yang "aneh". Setiap pagi dan sore, Uwais menggedong lembunya dari rumah menuju bukit yang ia buatkan kandang di atasnya. Jelas saja, aktivitas "nyeleneh" ini hanya menambah daftar cemoohan orang kepadanya yang memang bagi Uwais sendiri adalah menu akrab sejak sepeninnggalan ayahnya, Amir ibn Juz ibn Muraad al-Qairani lebih-lebih setelah dirinya mengidap penyakit sopak yang membelangkan tubuhnya. Panggilan gila sering mampir di telinganya. (*/bersambung).

Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved