Breaking News:

Mutiara Ramadan

Wajah Bersih Bercahaya

Sesungguhnya umatku akan dipanggil pada hari kiamat nanti dalam keadaan dahi, kedua tangan, dan kaki mereka bercahaya, karena bekas wudhu

Warta Kota/Barlinsk
Logo Mutiara Ramadan dan Ustaz Muhammad Arifin Ilham. 

Oleh Ustaz Mohammad Arifin Ilham

Sejenak kita rehat memperbincangkan politik yang suhunya semakin memanas. Mari kita sejukkan ruang hidup kita dengan sesuatu yang lebih bisa menyita perhatian Pemilik Kehidupan, Allah 'Azza wa Jalla. Apalagi kita semua masih berada di bulan rahmat, bulan Ramadan. Satu diantaranya adalah menjadikan wajah kita bersih bercahaya sehingga semakin dikenali oleh Allah dan Rasul-Nya.

Jika banyak diantara perempuan modern sering ditemukan menghabiskan waktu dan menghamburkan banyak rupiah di salon-salon kecantikan, terutama untuk memoles wajahnya supaya semakin cantik, segar dan menarik, maka bagi perempuan muslimah upaya itu cukup dengan mendatangi air wudhu. Di samping murah dan praktis juga tentu saja berbobot pahala di sisi-Nya. Wudhu, ternyata bisa menjadikan pengamalnya berwajah bersih dan bercahaya.

Dalam sebuah sabdanya, Rasulullah SAW berpesan, "Sesungguhnya umatku akan dipanggil pada hari kiamat nanti dalam keadaan dahi, kedua tangan, dan kaki mereka bercahaya, karena bekas wudhu'." (HR. Bukhari no 136 dan Muslim no 246).

Karena itu, bisa dipastikan tak ada satu produk kecantikan pun yang mampu menandingi cahaya yang terpancar dari wajah orang-orang yang terjaga wudhunya. Karena cahaya dari air wudhu tak hanya dirasakan di dunia, tapi juga di akhirat. Bahkan mereka akan mudah dikenali Rasulullah SAW. Dalam sebuah hadits disebutkan, "Bagaimana engkau mengenali umatmu setelah sepeninggalmu, ya Rasulullah?"

"Tahukah kalian, bila seseorang memiliki kuda yang berwarna putih pada dahi dan kakinya diantara kuda-kuda yang berwarna hitam yang tidak ada warna selainnya, bukankah dia akan mengenali kudanya?" jawab Rasul dengan nada bertanya. Para sahabat pun mengangguk, ya.

"Mereka (umatku) nanti akan datang dalam keadaan bercahaya pada dahi dan kedua tangan dan kaki, karena bekas wudhu mereka," pungkas Nabi SAW. (HR. Muslim no 249)

Tak hanya partikel-partikel debu maupun noda polusi yang dapat dikikis dari wajah, wudhu pun dapat melakukan sesuatu yang tak dapat dilakukan oleh produk kecantikan manapun, yaitu mengikis noda salah, khilaf, dan dosa. Sementaar hal-hal ini adalah penyebab kotor dan tidak bercahayanya wajah seorang muslim.

"Apabila seorang muslim atau mukmin berwudhu kemudian mencuci wajahnya, maka akan keluar dari wajahnya setiap dosa pandangan yang dilakukan kedua matanya bersama air wudhu atau bersama akhir tetesan air wudhu. Apabila ia mencuci kedua tangannya, maka akan keluar setiap dosa yang dilakukan kedua tangannya tersebut bersama air wudhu atau bersama akhir tetesan air wudhu. Apabila ia mencuci kedua kaki, maka akan keluar setiap dosa yang disebabkan langkah kedua kakinya bersama air wudhu atau bersama tetesan akhir air wudhu, hingga ia selesai dari wudhunya dalam keadaan suci dan bersih dari dosa-dosa." (HR Muslim no 244).

Subhanallah, segera bersih dan cahayakan wajah kalian, wahai perempuan-perempuan sholehah. Supaya tampil cantik baik lahir atau pun batin serta sangat mudah dikenali Allah dan Rasul-Nya kelak. (*)

Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved