Breaking News:

Mutiara Ramadan

Supaya Puasa Kita Bermakna

Supaya puasa kita tidak sia-sia, saatnya kita kenali dan sekaligus mewaspadai amalan-amalan apa saja yang bakal membatalkan nilai pahala puasa

Warta Kota/Barlinsk
Logo Mutiara Ramadan dan Ustaz Muhammad Arifin Ilham. 

Oleh Ustaz Mohammad Arifin Ilham

Sahabatku fillah, simaklah peringatan Rasulullah SAW, terkait puasa kita, "Bisa jadi seorang yang berpuasa, bagian dari puasanya hanyalah lapar dan dahaga." (HR Ibnu Hibban).

Dalam hadits lain disebutkan, "Barang siapa tidak meninggalkan ucapan dusta dan pengamalannya, serta amal kebodohan, maka Allah tidak butuh pada amalannya meninggalkan makan dan minumnya." (HR Al-Bukhari).

Hadits ini berisi penegasan bahwa akan ada di antara kita yang tidak mendapatkan apa-apa dalam puasanya kecuali menahan lapar dan haus saja. Meski secara fisik dia tampak seperti berpuasa, tapi sejatinya tidak dianggap sepert orang berpuasa. Dia tidak akan mendapatkan pahala puasa yang sangat luar biasa itu. Oleh Allah dan Nabi-Nya, puasanya dipandang sebagai puasa yang sia-sia. Tidak bermakna.

Karena itu, supaya puasa kita tidak sia-sia, saatnya kita kenali dan sekaligus mewaspadai amalan-amalan apa saja yang bakal membatalkan nilai pahala puasa; 1. Al-Kidzib, dusta atau bohong; 2. Ghibah, membicarakan aib orang atau gosip, 3. Fitnah, 4. An-Namimah, adu domba, 5. Sumpah palsu, 6. Berkata kasar, menghina atau merendahkan orang lain.

Selain itu: 7. Melihat dengan syahwat, 8. Menyentuh wanita bukan mahramnya, 9. Marah tanpa alasan yang benar, 10. Berkelahi, 11. Menampakkan aurat kepada yang bukan mahram, 12. Makan rejeki yang haram, baik zat atau cara mencarinya, seperti menipu, menyogok, atau jadi perantaranya dan berbagai maksiat dan kezaliman lainnya.

Seseorang yang berani melakukan amalan-amalan tersebut di atas padahal ia sedang berpuasa, di mata Rasulullah SAW hanya akan mendapati lapar dan dahaga saja tapi tidak kebagian pahala.

Na'udzubillah... Ayo sahabatku jangan sia-siakan puasa kita. Sungguh-sungguhlah berpuasa. Raih nilai kemuliaan di sisi Allah dengan kesungguhan puasa dan taat. Insya Allah. Aamiin. (*)

Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved