Nama Napi Sudah Bebas Masih Ada di DPT

Banyak warga lapas Salemba, Jakarta Pusat, yang belum terdaftar dalam DPT. Sementara, yang sudah pada bebas masih ada datanya

Penulis: Feryanto Hadi | Editor: Tri Broto
Nama Napi Sudah Bebas Masih Ada di DPT
Warta Kota/feryanto hadi
Suasana TPS di Lapas Salemba, Jakarta Pusat, Rabu (9/7/2014)

CEMPAKA PUTIH, WARTA KOTA-Beberapa warga Lembaga Permasyarakat (Lapas) Salemba tampak melihat dengan seksama daftar nama sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang dipasang di depan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di lingkungan lapas.

"Banyak warga lapas yang belum terdaftar dalam DPT. Sementara, yang sudah pada bebas masih ada datanya," kata Hendri (30) penghuni Lapas blok B kepada Warta Kota.

Untungnya Hendri dan warga lapas lain yang belum terdaftar dalam DPT di Lapas Salemba tetap bisa menggunakan hak pilihnya dengan hanya menyebut identitas.

Diberitakan sebelumnya, Ada tiga Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang terdapat di Lembga Permasyarakatan (Lapas) Salemba yakni TPS 29, 30 dan 31. Ketiga TPS masuk di wilayah Kelurahan Rawasari, Kecamatan Cempaka Putih.

Di TPS 29, terdapat 666 Daftar Pemilih Tetap. Sedangkan di TPS 30 dan 31 masing-masing 621 dan 337.

Sementara itu, Ketua PPS 31 Ali Andra Harahap mengakui sebagian nama yang tercantum dalam DPT sudah tidak berada lagi dalam lapas atau sudah bebas.

"Karena kami lakukan pendataan sebelum mereka bebas," katanya.

Tapi, bagi warga yang namanya belum tercamtum dalam DPT, kata Ali,tetap bisa memberikan hak suara dengan cara, "mendapatkan rekomendasi dari ketua lapas. Kalau KTP kan tidak mungkin, karena identitas mereka ditahan. Nanti pasti bisa mencoblos karena mereka juga warga yang punya hak suara," katanya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved