Pemilu 2014

Inilah Hasil Survei Iwan Fals Terkait Pemenang Pilpres

Iwan Fals melakukan jajak pendapat soal calon presiden dan wakil presiden pilihan penggemarnya pada akun Facebook. Ini hasilnya.

Inilah Hasil Survei Iwan Fals Terkait Pemenang Pilpres
Kompas.com
Hasil manipulasi foto dengan bantuan teknologi digital membuat Iwan Fals terlihat mengenakan t-shirt bergambar pasangan calon presiden Prabowo Subianto dan calon wakil presiden Hatta Rajasa. 

WARTA KOTA, SENAYAN— Penyanyi legendaris Indonesia Virgiawan Listanto (52) atau yang akrab disapa Iwan Fals melakukan jajak pendapat soal calon presiden dan wakil presiden pilihan penggemarnya pada akun Facebook.

Akun Iwan Fals memiliki 5.988.887 (data per, Selasa 8/7/2014) pukul 22.50 wita. Jajak pendapat pada H-1 ini pun mendapat respon positif. Iwan memulai jajak pendapat sekitar pukul 16.00 wita, capres mana yang disuka (like) atau akan dipilih (vote).

"Selamat sore. Sudah siap nyoblos besok? Iseng-iseng kita latihan dulu disini pakai jempol (like). Caranya, setelah ini saya akan post 2 status tentang pilihan calon presiden, like di status sesuai dengan pilihan kalian. Mulai ya!" Demikian ditulis pada timeline.

Jajak pendapat ini pun mendapat respon positif. Jelang pukul 17.00, Iwan menulis lagi pada timeline-nya, "Jika pilih capres nomor urut 1 silakan like status ini!" Selang beberapa detik, dia menulis lagi, "Jika pilih capres nomor urut 2 silakan like status ini!" Pukul 22.00 wita,

Tribun –grup Wartakotalive.com-- merangkum data jumlah yang me-like capres nomor 1 dan 2. Capres nomor urut, Prabowo satu di-like sebanyak 115.684 pemilik akun. Sementara, capres nomor urut dua, Jokowi di-like sebanyak 157.810 pemilik akun.

Untuk kedua capres, total yang me-like sebanyak 273.494 pemilik akun. Jika dipersentasekan, Prabowo di-like 42,29 persen, sedangkan Jokowi 57,70 persen. Pilihan "like" hanya dapat dilakukan satu kali. Jika menolak dapat memilih "unlike". Namun, satu pemilik akun dapat melakukan "like" pada kedua pilihan capres, begitu pula dengan "unlike".

Hasil jajak pendapat akun ini bisa dibandingkan dengan hasil survei elektabilitas (keterpilihan) terbaru dua lembaga survei, Lingkaran Survei Indonesia (LSI) dan Charta Politika. LSI melalukan survei, 2-5 Juli 2014 melalui 2.400 responden. Hasilnya, pasangan Prabowo-Hatta dipilih 44,20 persen responden, sedangkan Jokowi-JK 47,80 persen.

Charta Politika melakukan survei, 3-6 Juli 2014 melalui 1.200 responden. Hasilnya, pasangan Prabowo-Hatta dipilih 45,1 persen responden, sedangkan Jokowi-JK 49,2 persen.

Hingga H-1 pemungutan suara, Iwan menjadi satu di antara artis top legendaris yang tidak mengarahkan dukungannya kepada capres manapun. Dia juga pernah menyebut, siapa capres akan dipilih. Beda dengan rekan sesamanya artis. Prabowo-Hatta didukung 20-an artis, Jokowi-JK didukung 30-an artis. (edi)

Editor: Suprapto
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved