Breaking News:

Mutiara Ramadan

Amalan Ramadan (2)

Amal berikutnya yang sangat dianjurkan di bulan penuh berkah ini adalah memperbanyak sedekah

Warta Kota/Barlinsk
Logo Mutiara Ramadan dan Ustaz Muhammad Arifin Ilham. 

Oleh Ustaz Muhammad Arifin Ilham

Amal berikutnya yang sangat dianjurkan di bulan penuh berkah ini adalah memperbanyak sedekah (katsratus shodaqaat). Diantaranya memberikan makanan untuk berbuka puasa (Ith'amu ath-tha'am). Sabda Nabi SAW, "Barangsiapa memberi makanan berbuka kepada orang-orang yang berpuasa, maka ia mendapat pahala senilai pahala orang yang berpuasa itu tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut." (HR. Turmudzi dan An-Nasa'i)

Sebenarnya memberi makan untuk orang berbuka hanyalah salah satu contoh bentuk kedermawanan yang ingin ditumbuhkan kepada kita. Masih banyak bentuk sedekah yang bisa kita lakukan jika kita punya kelebihan rezeki. Peduli dan sigap menolong orang lain adalah sifat yang ingin dilatih dari orang yang berpuasa.

Keempat, memperbanyak doa (katsratud da'awaat). Di antara hikmah Ramadan adalah diijabahnya semua doa. Ramadan adalah bulan doa. Jadi perbanyaklah doa kepada-Nya untuk setiap hajat kita, baik hajat dunia maupun akhirat.

Allah Ta'ala berfirman, "Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran." (QS. Al Baqarah: 186)

Ibnu Katsir menerangkan bahwa ayat ini disebutkan di sela-sela penyebutan hukum puasa. Ini menunjukkan akan anjuran memperbanyak doa ketika bulan itu sempurna, bahkan diperintahkan memperbanyak doa tersebut di setiap kali berbuka puasa. (Tafsir Al Qur'an Al `Azhim, 2: 66). Apa yang dikatakan oleh Ibnu Katsir menunjukkan bahwa bulan Ramadan adalah salah waktu terkabulnya doa. (*)

Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved