Breaking News:

Mutiara Ramadan

Amalan Ramadan (1)

Berikut ini adalah amalan-amalan yang sangat dianjurkan selama bulan Ramadan sesuai sunnah Rasul SAW.

suara-islam.com
M Arifin Ilham. 

Oleh Ustaz Muhammad Arifin Ilham

Berikut ini adalah amalan-amalan yang sangat dianjurkan selama bulan Ramadan sesuai sunnah Rasul SAW. Pertama, tentu saja berpuasa (shaum atau shiyam). Tulisan yang lalu, sudah cukup untuk kita supaya terjaga Ramadan kita. Kini saatnya perdalam wawasan kita tentang puasa yang benar dengan mengetahui dan menjaga rambu-rambunya. Sebab, puasa bukan sekadar tidak makan dan tidak minum. Tapi, ada rambu-rambu yang harus ditaati.

Sebut Rasulullah, "Barangsiapa berpuasa Ramadan kemudian mengetahui rambu-rambunya dan memperhatikan apa yang semestinya diperhatikan, maka hal itu akan menjadi pelebur dosa-dosa yang pernah dilakukan sebelumnya." (HR. Ibnu Hibban dan Al-Baihaqi).

Kedua, memperbanyak membaca Al Qur'an (katsratut tilawah). Al Qur'an diturunkan perama kali di bulan Ramadan. Maka tak heran jika Rasulullah SAW. lebih sering dan lebih banyak membaca Al Qur'an di bulan Ramadhan dibandingkan di bulan-bulan lain. Imam Az-Zuhri berkata, "Apabila datang Ramadan, maka kegiatan utama kita selain berpuasa adalah membaca Al Qur'an." Bacalah dengan tajwid yang baik dan tadabburi, pahami, dan amalkan isinya. Insya Allah, kita akan menjadi insan yang berkah.

Buat target. Jika di bulan-bulan lain kita khatam membaca Al Qur'an dalam sebulan, maka di bulan Ramadan kita bisa memasang target dua kali khatam. Lebih baik lagi jika ditambah dengan menghafal satu juz atau surat tertentu. Ini bisa dijadikan program unggulan bersama keluarga. (*)

Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved