Piala Dunia 2014

Selama 24 Tahun, Baru Sekali Uruguay Menang Tanpa Suarez

Kekalahan 0-2 dari Kolombia pada babak 16 besar di Maracana, Minggu (29/6) seolah menunjukkan vitalnya sosok Luis Suarez bagi Uruguay.

Selama 24 Tahun, Baru Sekali Uruguay Menang Tanpa Suarez
Tribunnews.com
Luis Suarez, pemain timnas Uruguay 

WARTA KOTA, MARACANA - Kekalahan 0-2 dari Kolombia pada babak 16 besar di Maracana, Minggu (29/6) seolah menunjukkan vitalnya sosok Luis Suarez bagi Uruguay. Selama 24 tahun, baru sekali Uruguay bisa meraih kemenangan di Piala Dunia tanpa Suarez.

Sejarah membuktikan Uruguay belum pernah meraih kemenangan di Piala Dunia ketika bermain tanpa Luis Suarez. Kemenangan terakhir Uruguay tanpa Suarez tercipta pada fase grup Piala Dunia 1990. Kemenangan itu tercipta atas Korea Selatan dengan skor 1-0 melalui gol Daniel Fonseca pada menit ke-90.

Setelah 1990, Uruguay kembali ke Piala Dunia pada 2002. Ketika itu Suarez belum bergabung dan Uruguay tidak pernah meraih kemenangan selama fase grup.

Tidak lolos ke Piala Dunia 2006, Uruguay tampil kembali pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Ketika itu Suarez sudah membela La Celeste. Dengan adanya Suarez, Uruguay meraih kemenangan atas Afrika Selatan, Meksiko, dan bermain imbang tanpa gol dengan Perancis pada fase grup.

Suarez kemudian mencetak dua gol yang mengantarkan Uruguay menang 2-1 atas Korea Selatan pada babak 16 besar. Bersama Suarez, Uruguay menyingkirkan Ghana melalui adu tendangan penalti pada babak perempat final.

Suarez tidak bermain ketika menghadapi Belanda pada babak semifinal. Ketika itu Suarez harus menjalani sanksi akumulasi kartu kuning. Hasilnya, Uruguay tersingkir setelah kalah 2-3. Pria berjulukan El Pistolero tersebut kembali bermain pada laga perebutan juara ketiga melawan Jerman, namun Uruguay kalah 2-3.

Penulis:
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved