Ramaikan HUT ke-487 DKI, Pemkot Jakbar Gelar Festival Lenong

Pemkot Jakarta Barat memeriahkan HUT ke-487 DKI Jakarta dengan menggelar festival budaya khas Betawi, yakni Festival Lenong.

Ramaikan HUT ke-487 DKI, Pemkot Jakbar Gelar Festival Lenong
www.depok.go.id
Seni pertunjukan Lenong sebagai salah satu budaya Betawi. 

WARTA KOTA, JAKARTA - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat turut berpartisipasi memeriahkan HUT ke-487 DKI Jakarta dengan menggelar festival budaya khas Betawi, yakni Festival Lenong.

Kelompok lenong ini rencananya akan tampil pada 12-13 Juni 2014.

Kepala Seksi Pergelaran dan Pameran Sudin Kebudayaan Wawan Hermawan mengatakan, pihaknya akan menyeleksi kelompok lenong yang tampil.

"Kita dari Sudin Kebudayaan undang para seniman dari seluruh sanggar yang di Jakarta Barat buat ikutan Festival Lenong. Disaringlah 12 tim dan mereka akan memperebutkan ada 5 kategori pemenang saat malam final," ucap Wawan, Selasa (3/6/2014).

Ia mengatakan, saat ini para seniman lenong masih sangat eksis, terutama di wilayah Jakarta Barat, seperti Palmerah, Kebon Jeruk, dan Rawa Belong.

"Seniman lenong masih eksis di kita (Jakarta Barat). Trennya sekarang, mereka yang asli Betawi itu hidupnya semakin ke pinggir Jakarta, makanya kesenian lenong banyak ditemukan di Jakarta Barat sama Jakarta Timur," kata Wawan.

Selain itu, ia mengatakan, Pemkot Jakarta Barat juga melaksanakan serangkaian acara lainnya, seperti bazar, pameran, dan lomba yang termasuk ke dalam kegiatan Sentra Barat Fair.

Acara ini sebagai bentuk apresiasi masyarakat dan pemerintah dalam hal kebudayaan Betawi.

Editor: Lucky Oktaviano
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved