Prabowo Tiru Soekarno Padahal Ayahnya Anti-Soekarno

Calon presiden Prabowo Subianto yang kini mengidentikkan dirinya seperti sosok Presiden ke-1 Republik Indonesia Soekarno dikritik.

Prabowo Tiru Soekarno Padahal Ayahnya Anti-Soekarno
Wartakotalive.com/Dany Permana
Calon Presiden dari Patai Gerindra Prabowo Subianto memberikan sambutan saat menghadiri acara dukungan dari Guru, Guru Besar, dan Cendikiawan, di Jakarta, Selasa (27/5/2014). 

WARTA KOTA, PALMERAH— Calon presiden Prabowo Subianto yang kini mengidentikkan dirinya seperti sosok Presiden ke-1 Republik Indonesia Soekarno dikritik. Pakar Psikologi Politik Universitas Indonesia Hamdi Muluk mengingatkan, sosok ayah Prabowo, Soemitro Djojohadikusumo, kerap beseteru dengan Soekarno.

Dia menilai aneh apabila kini Prabowo justru sosok yang menjadi musuh ayahnya. "Dari mana Prabowo bisa membentuk citra dirinya seperti Soekarno. Dulu kan Soemitro itu adalah musuh politiknya Soekarno," ujar Hamdi di Jakarta, Sabtu (31/5/2014) siang.

Hamdi juga menilai, Soemitro dulunya merupakan sosok yang sangat dekat dan pro dengan kebijakan-kebijakan Amerika. Sementara Soekarno merupakan sosok yang antiasing dan anti terhadap kebijakan-kebijakan Amerika.

"Nah kenapa ini jadi enggak masuk akal? Sekarang Prabowo malah meniru sosok Soekarno. Dia meng-Soekarno-soekarnokan dirinya sendiri," ujar Hamdi.

Hamdi pun menilai, cara Prabowo yang mengidentikkan dirinya dengan Soekarno itu hanya strategi pemasaran politik belaka. Menurutnya, asal-usul dan jiwa Prabowo jauh dari jiwa Soekarnoisme.

Editor: Suprapto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved