Jangan Remehkan Rasa Haus

Orang yang tak sadar saat rasa hausnya hilang pertanda bahwa orang itu telah mengalami dehidrasi tinggi.

Jangan Remehkan Rasa Haus
Istimewa
Minum air putih 

WARTA KOTA, SENAYAN - Danone, melalui Aqua, produsen air minum kemasan di Indonesia berupaya mewujudkan Indonesia yang lebih sehat. Salah satu caranya dengan menggelar kampanye meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai gejala dan dampak dehidrasi ringan.

Bertempat di The One Club, FX Lifestyle Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (23/5/2014), Danone Aqua menggelar diskusi terkait hal di atas dengan narasumber dr Saptawati Bandosono, dr Pradono Handojo, MHA, serta artis Mischa Chandrawinata sebagai bintang tamu.

Menurut dr Saptawati, air merupakan komponen utama dalam tubuh seseorang. Air sangat dibutuhkan tubuh agar organ-organ di dalam tubuh dapat berfungsi debgan baik. Ia juga menambahkan bahwa dibandingkan dengan cairan lainnya, air putih adalah sumber yang paling baik dan menyehatkan.

Ketua Indonesia Hydration Working Group (IHWG) tersebut juga mengatakan umumnya orang kurang mengenal dehidrasi ringan. Menurutnya, rasa haus merupakan gejala awal dehidrasi ringan.

"Orang malas minum karena berbagai alasan, padahal, orang tak sadar bahwa hilangnya rasa haus merupakan sebuah indikasi bahwa tingkat dehidrasi yang dialami seseorang sudah lebih tinggi," ujarnya.

Ia memberikan solusi bahwa ketika haus, sebaiknya langsung minum secukupnya. Jika dibiarkan terus menerus dapat menyebabkan penyakit serius seperti konstipasi atau susah buang air besar, infeksi saluran kemih, hingga infeksi batu ginjal yang pada gilirannya dapat menyebabkan penyakit ginjal yang fatal akibatnya.

Tak lupa, dokter yang juga berprofesi sebagai pengajar di FK UI ini mengatakan, "Ketika tidur pun, seseorang dapat terkena dehidrasi ringan, solusi terbaiknya adalah minum air putih saat bangun tidur," imbuhnya. (Agustin Setyo Wardani)

Editor: Dian Anditya Mutiara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved