Infrastruktur Jakarta

Dishub DKI Bangun 6 Terminal di Jakarta

Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan melanjutkan program revitalisasi terminal di Ibu Kota

Dishub DKI Bangun 6 Terminal di Jakarta
ist/sab
Rencana revitalisasi terminal di Jakarta. 

WARTA KOTA, PALMERAH— Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan melanjutkan program revitalisasi terminal di Ibu Kota. Setelah pembangunan kembali terminal Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan, dan Terminal Kota, Jakarta Barat, tahun ini pembangunan terminal dilanjutkan di enam terminal.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta M Akbar mengatakan, enam terminal tersebut yakni Terminal Klender, Rawamangun, Pinangranti, Muaraangke, Kampungrambutan, dan Kalideres.

“Pembangunan Klender, Rawamangun, Pinangranti, dan Muaraangke dianggarkan single years tahun ini, kalau Kampungrambutan dan Kalideres multiyears, atau tahun jamak, jadi dimulai tahun ini, dan selesai mungkin tahun depan,” ujar Akbar kepada Warta Kota, Minggu (11/5).

Akbar menjelaskan, semua terminal yang direvitalisasi, akan dibuat bergaya kolonial, seperti permintaan Gubernur DKI Joko Widodo. Sehingga arsitekturnya akan dibuat seperti bangunan tua, namun tetap dengan fungsi modern. “Tampilan luarnya seperti Manggarai itu, gaya kolonial, namun intinya, perbaikan ini untuk kenyamanan penumpang, agar warga mau pindah ke angkutan umum, juga menghilangkan kesan terminal kita seram dan tidak aman,” tuturnya.

Terminal Klender akan dibangun dengan dana sekitar Rp 11,7 miliar, terminal Rawamangun dibangun dengan dana sekitar Rp 48 miliar, kemudian terminal Pinangranti Rp 23 miliar, Terminal Muaraangke Rp 8 miliar, terminal Kampungrambutan Rp 871 miliar, dan terminal Kalideres Rp 248 miliar. “Lelang pembangunan dilakukan ULP (Unit Layanan Pengadaan),” ujarnya.

Penulis: Ahmad Sabran
Editor: Suprapto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved