Normalisasi Kali Ciliwung

Jalan Inspeksi Cikini Sampai Tugu Tani Ditargetkan Rampung 3 Bulan

Pembongkaran puluhan bangunan liar di Jalan Inspeksi Cikini karena pemda ingin melakukan normalisasi Kali Ciliwung dan mengatasi kemacetan.

Jalan Inspeksi Cikini Sampai Tugu Tani Ditargetkan Rampung 3 Bulan
Warta Kota/Bintang Pradewo
Polisi berjaga-jaga di areal pembongkaran bangunan liar. 

WARTA KOTA, MENTENG - Kordinator waduk dan kali, Heriyanto mengatakan bahwa pembongkaran puluhan bangunan liar di Jalan Inspeksi Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (7/5) karena ingin melakukan normalisasi Kali Ciliwung dan mengatasi kemacetan. Rencananya jalan inspeksi Cikini akan tersambungkan dengan Jalan Inspeksi Tugu Tani, Menteng, Jakarta Puat.

Sepanjang dua kilo meter, pembangunan jalan inspeksi tersebut akan tersambungkan. Saat ini baru sekitar 200 meter jalan inspeksi Tugu Tani yang dibeton. Rencananya, jalan inspeksi Cikini sendiri juga akan dibeton agar memudahkan kendaraan dan alat berat untuk normalisasi Kali Ciliwung masuk ke dalam kawasan tersebut.

"Kami targetkan pembangunan Jalan Inspeksi itu 3 bulan rampung," kata Heriyanto kepada wartawan di lokasi pembongkaran bangunan liar, Rabu (7/5).

Dia menjelaskan bahwa program itu merupakan perbaikan trase tata kota. Selain itu jalur alternatif diharapkan bisa memecahkan solusi kemacetan. Sebelumnya, jalan tersebut dipenuhi oleh bangunan liar dan gerobak-gerobak.

"Ini baru penertiban tahap pertama dari jembatan Kali Pasir. Nanti akan tersambungkan sampai jalan inspeksi Tugu Tani. Nanti, bangunan-bangunan milik swasta juga akan ditertibkan," tuturnya.

Kemudian, dia menambahkan bahwa program normalisasi Kali Ciliwung akan dikerjakan Pemerintah Pusat. Namun, untuk pengerjaan jalan inspeksi dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Jadi memang alat berat selama ini susah masuk ke jalan inspeksi karena banyak bangunan liar. Karena nanti pengerjaan normalisasi Kali Ciliwung akan dikerjakan Kemen PU," pungkasnya.

Penulis:
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved