Chikungunya

Ratusan Warga Kampung Pesakih Terjangkit Chikungunya

Ratusan warga Kampung Pesakih RW01 Kelurahan Semanan, Kalideres, Jakarta Barat terjangkit chikungunya sejak tiga bulan lalu.

Ratusan Warga Kampung Pesakih Terjangkit Chikungunya
theconversation.com
Nyamuk penyebar virus Chikungunya. 

WARTA KOTA, KALIDERES - Ratusan warga Kampung Pesakih RW 01 Kelurahan Semanan, Kalideres, Jakarta Barat terjangkit chikungunya sejak tiga bulan lalu. Hingga kini, puluhan warga masih mengeluh terhadap penyakit yang membuat seluruh badan linu dan suhu badan tinggi.

Ketika dihubungi Warta Kota pada Selasa (29/4/2014) malam, Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat, Widyastuti menerangan, berdasarkan laporan yang masuk, hanya ada 13 warga yang positif terjangkit virus Chikungunya di lokasi tersebut. Tetapi, dari keterangan warga kepada Warta Kota, jumlah penderita Chikungunya atau sakit denggan gejala yang sama dengan penderita Chikungunya, mencapai ratusan orang.

"Selama tiga pekan belakangan ini, kami telah melakukan penanganan intensif. Kami bersama juru pemantau jentik (Jumantik) memberikan pengobatan, dan larvasida di tempat penampungan air warga," kata Widyastuti.

Widyastuti juga mengajak warga menjaga kebersihan lingkungan untuk mencegah kejadian serupa.

"Kami juga terus mengimbau warga dan memberikan penyuluhan pemberantasan sarang nyamuk (PSN," ujar Widyastuti.

Ia memastikan sejauh meluasnya kasus ini, tidak sampai jatuh korban jiwa. "Pada dasarnya jika sudah diobati, gejala yang dikeluhkan akan hilang dengan sendirinya. Paling lama butuh waktu seminggu," ujar Widyastuti.

Agar kasus ini tidak meluas, ia menyarankan kepada warga untuk senantiasa menerapkan Pola Hidup Bersi dan Sehat (PHBS), dan PSN secara rutin di rumah mereka masing-masing.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved