Breaking News:

Stok darah

PMI Depok Defisit 500 Kantong Darah Per Bulan

PMI Kota Depok setiap bulan mengalami kekurangan sampai 500 kantong darah.

Tribunnews.com
Ilustrasi donor darah PMI. 

WARTA KOTA, DEPOK-Sementara itu permintaan kantong darah terus meningkat. Setiap bulannya permintaan darah mencapai 1.500 kantong, sedangkan stoknya berkisar 800-1000 kantong.

"Terpaksa untuk menutupi kekurangan, kami minta ke PMI Bogor dan Jakarta serta ke rumah sakit lainnya. Kami masih membutuhkan dukungan dari Pemkot Depok ," kata Penanggung Jawab Teknit Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok dr Widya Astriyani disela acara donor darah dalam. rangka HUT Kota Depok ke-15 di RSUD Sawangan, Senin (28/4/2014).

Widya mengatakan, keterbatasan persediaan kantong darah itu karena minimnya perlengkapan dan fasilitas. Saat ini pendonoran darah hanya bisa di RS Sentra Medika. Kemudian untuk mencari pendonor darah ke berbagai tempat dikerahkan mobil unit donor darah keliling. Cara itu cukup efektif karena dalam sebulan ada 15 - 27 kegiatan donor darah.

"Hal mendesak itu kami  tidak punya trombosit. Belum punya alatnya dan penyimpanannya. Padahal, tiap hari  ada yang  membutuhkan untuk
kasus DBD, leukimia. Ini adanya baru di Jakarta. Dengan kondisi ini, kami berharap bisa mendapat dukungan dari semua pihak," tuturnya.

Manajer On Duty RSUD Depok H Riyanto menjelaskan, pihaknya tidak memiliki bank darah. Umumnya RSUD Depok mengandalkan persediaan dari PMI.

"Kebutuhan kantong darah relatif. Karena  dalam kurun waktu satu bulan terdapat pasien yang memerlukan darah dan tidak. Rata-rata pasien dengan kekurangan darah HB di bawah 5 menghabiskan 4-5 kantong darah selama dirawat.  Kami tak punya bank darah, jadi ke PMI Depok atau ke Sentra Medika," tuturnya.

Tags
PMI
Depok
Penulis: Dody Hasanuddin
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved