Hitung Cepat

Segera Usut Insiden Surat Suara Tertukar

Tertukarnya ratusan surat suara DPRD di 58 TPS Kota Tangerang masih menyisakan tanda tanya besar bagi para caleg.

Segera Usut Insiden Surat Suara Tertukar
Warta Kota/henry lopulalan
Ilustrasi kertas suara 

WARTA KOTA, TANGERANG - Tertukarnya ratusan surat suara DPRD Provinsi Banten di 58 TPS Kota Tangerang masih menyisakan tanda tanya besar bagi para caleg yang merasa dirugikan.

Caleg-caleg yang namanya batal dicoblos karena salah distribusi itu akhirnya menuntut agar kasus tertukarnya surat suara ini segera diselidiki lebih dalam.

“Saya rasa Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) harus turun menyelidiki kejadian ini,” ujar Ketua DPRD Kota Tangerang, Herry Rumawatine pada Kamis (10/4/2014).

Menurut Herry, walau nanti pencoblosan ulang untuk DPRD Provinsi Banten tetap akan dilakukan, ia merasa penyebab tertukarnya surat suara itu harus jelas dan dibuka ke publik.

“Ini harus diselidiki, apakah terjadi memang karena unsur kelalaian dan ketidakjelian, atau ada unsur lain seperti kesengajaan dan sebagainya. Ini harus dipertanyakan,” kata Herry.

Menurut Herry, KPU Tangerang sudah sepantasnya bersikap sebagai panitia yang fair. “Sekarang begini, kalau peserta pemilu melakukan pelanggaran, kan harus diberi sanksi. Jadi saya rasa sudah sepantasnya pihak penyelenggara juga diberi sanksi kalau memang nanti ketahuan curang atau sengaja menukar surat suara itu,” kata Herry.

Herry pun juga berharap agar pihak Panwaslu Kota Tangerang ikut memeriksa dan menyelidiki kasus itu tanpa harus didorong atau diminta pihak KPU.

Penulis: z--
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved