Breaking News:

Bangun Tanggul di Kali Grogol, Cegah Banjir di Mal Ciputra

Untuk mengatasi banjir di depan Mal Ciputra, Sudin PU Tata Air Jakarta Barat mrmbangun tanggul sepanjang 400 meter di tepi Kali Grogol.

Penulis: Feryanto Hadi | Editor: Dian Anditya Mutiara
Warta Kota/Feryanto Hadi
Para pekerja sedang membangun tanggul sepanjang 400 m di Kali Grogol untuk cegah banjir di depan Mal Ciputra, Rabu (12/2/2014) 

WARTA KOTA, GROGOL PETAMBURAN - Menjadi lokasi langganan banjir, Jalan S Parman tepatnya di depan Mal Ciputra mendapat perhatian serius dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Melalui Suku Dinas Pekerjaan Umum Tata Air Jakarta Barat, membangun tanggul sepanjang 400 meter dibangun di tepi Kali Grogol untuk mencegah meluapnya air Kali Grogol ketika turun hujan.

Kepala Sudin PU Tata Air Jakarta Barat, Pamudji mengatakan, genangan setinggi rata-rata 1 meter di kawasan itu terjadi karena meluapnya air di Kali Grogol karena kapasitas air yang terlalu besar. Selain itu juga kontur jalan yang cekung membuat genangan sulit untuk surut.

"Untuk itu kami membuat tanggul setinggi 2 meter di tepi Kali Grogol untuk menahan air luapan di sana," kata Pamudji, Rabu (12/2).

Pamudji mengatakan, pembangunan tanggul sepanjang 400 meter itu sudah dilakukan sejak pekan lalu dan saat ini masih terus dipercepat agar genangan yang terjadi di sana setiap turun hujan bisa segera tertangani.

"Kami prioritaskan pengerjaan di sekitar  Mal Ciputra karena genangan di sana sangat parah sehingga sering mengganggu masyarakat karena akses jalan sampai terputus," katanya.

Pengerjaan tanggul sepanjang 400 meter, mulai dari depan Central Park hingga Hotel Grand Tropic yang berdekatan dengan Mal Ciputra. Penambahan ketinggian tanggul, kata dia, mencapai 1 meter.

Dengan peninggian turap batu kali setinggi 1 meter. "Agar lebih kokoh, setiap 3-5 meter kita beri penguat tiang (borpile) dengan kedalaman pancang 2,5 meter," katanya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved