Capres 2014

Prof Hamdi Muluk: Rakyat Sedang Gandrung Jokowi

Prof Hamdi Muluk melihat masyarakat tengah jatuh cinta kepada sosok Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi).

Prof Hamdi Muluk: Rakyat Sedang Gandrung Jokowi
Wartakotalive.com/Sri Handiyatmo Malau
Pakar psikologi dari Universitas Indonesia (UI), Hamdi Muluk. 

WARTA KOTA, JAKARTA-- Pakar psikologi Politik dari Universitas Indonesia (UI), Hamdi Muluk melihat masyarakat tengah jatuh cinta atau gandrung kepada sosok Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) dinilai layak menjadi Presiden Indonesia kedepannya.

Paling tidak menurut Guru Besar UI ini, hal ini tercermin dari pernyataan publik yang menyatakan "Kalau Jokowi tidak maju sebagai Capres, maka banyak yang akan Golput."

"Sekarang kondisi psikologi politik sosial masyarakat Indonesia itu memang menginginkan perubahan. Dan perubahan itu yang sekarang rakyat percaya itu ada dalam diri Jokowi. Sampai hari ini memang begitu," ungkap Hamdi Muluk disela rilis survey tentang," Krisis Partai Politik: Peta Potensi Keterpurukan Partai Jelang Pemilu 2014 ", di WHIZ Hotel, Cikini, Jakarta, Minggu (8/2/2014).

Bahkan gairahnya, menurut Hamdi Muluk, sudah sampai pada taraf seperti orang yang tengah jatuh cinta. "Kalau ngak kawin sama dia, ngak usai kawin deh. Nah, kalau nanti ternyata pak Jokowi "tidak bisa dikawinin", maju jadi Capres, mendingan tidak usah datang ke TPS. Bisa jadi begitu anggapan publik," jelas Hamdi.

Dijelaskan pula, dalam dunia politik faktor emosi itu, cenderung lebih besar ketimbang faktor kognitif atau rasio. Dan yang paling sulit, dia lanjutkan, bagi seorang Calon Presiden adalah menimbulkan rasa suka oleh rakyat.

Selain itu juga, menurut Hamdi, sosok Jokowi adalah jawaban atas kerinduan mendalam masyarakat selama ini, di tengah para politisi lainnya yang ada sekarang ini.

"Ya itu sosok perhatian, dekat dengan rakyat, tidak arogan, tidak pamer kekuasaan, terus senang bekerja. Kemudian lebih tulus, dianggap tokoh yang bersih, dekat dengan rakyat, aspiratif dengan melakukan blusukan itu contohnya. Dan kata kunci masyarakat sekarang itu adalah bersih dari korupsi, itu disukai masyarakat. Jokowi memiliki itu semua sekarang," jelas Hamdi.

Penulis: Sri Handriyatmo Malau
Editor: Suprapto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved