DPR: Calon Hakim Agung Ditentukan Hari Ini

Komisi III DPR akan menentukan sikap mengenai tiga calon hakim agung (CHA) pada Selasa (4/2/2014)

DPR: Calon Hakim Agung Ditentukan Hari Ini
pks
Al Muzzammil Yusuf, Wakil Ketua Komisi III DPR

WARTA KOTA, PALMERAH - Komisi III DPR akan menentukan sikap mengenai tiga calon hakim agung (CHA) pada hari ini. Hal itu dilakukan setelah Komisi III melakukan fit and proper test pada pekan lalu.

Wakil Ketua Komisi II DPR Al Muzzammil Yusuf mengatakan pada proses fit and proper test terhadp tiga CHA yang lalu beberapa anggota mengeluhkan wawasan dan kemampuan argumentasi CHA, serta lemahnya ketegasan kepribadian mereka.

"Tapi sikap resmi Komisi III baru akan diambil Selasa (4/2)," kata Muzzammil yang dikonfirmasi, Senin (3/2/2014).

Muzzammil meminta seluruh pihak menunggu sikap fraksi dan anggota Komisi III DPR. "Pertama ditempuh melalui musyawarah mufakat. Jika tidak bisa akan melalui voting," kata Politisi PKS itu.

Sebelumnya diberitakan, Komisi III DPR kecewa terhadap calon hakim agung (CHA) yang diajukan oleh Komisi Yudisial (KY). Sebab, tiga calon hakim yang diuji hari ini seluruhnya pernah gagal di Komisi III DPR.

"Ini salahnya bukan di DPR, tapi orang yang milih (Komisi Yudisial-KY). Seharusnya (KY) mengirim yang punya kapabilitas ke DPR. Itu kenapa seleksi calon hakim agung harus diperketat," kata Ketua Komisi III DPR, Pieter Zulkifli di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (30/1/2014).

Hal senada juga dikatakan anggota komisi III DPR lainnya Eva Kusuma Sundari setelah melihat uji kelayakan calon hakim agung Suhardjono. "Afkiran (barang yang sudah tidak bisa terpakai kembali), sudah pernah gagal terus mencoba lagi, tapi tidak ada perubahan," kata Eva dalam kesempatan sama.

Eva melihat koleganya di Komisi III DPR tidak nyaman bertanya kepada Suhardjono saat menguji kelayakan. Apalagi, Suhardjono tidak mampu memberikan jawaban yang memuaskan.

"Cara menjawabnya itu, ketika ditanya mana kasus yang tidak puas, jawabannya muter-muter. Itu lho kayaknya, masa hakim ngomong kayaknya," kata Politisi PDIP itu.

Diketahui, Komisi III DPR melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap tiga calon hakim agung (CHA). Tiga calon hakim agung yang mengikuti uji tersebut antara lain H. Suhardjono, SH., MH, Maria Anna Samiyati, SH., MH, dan DR. H. Sunarto, SH., MH.

Penulis:
Editor: Dian Anditya Mutiara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved