Breaking News:

Banjir Melanda Jakarta

Dinas PU DKI akan Normalisasi Kali Cipinang

Wakil Camat Makasar, Indra Ansor, mengatakan, pihaknya tidak bisa antisipasi derasnya arus Kali Cipinang, di Jalan Pusdiklat Disnaker

Penulis: Mohamad Yusuf | Editor: Dian Anditya Mutiara
Warta Kota/Mohamad Yusuf
Sebanyak 160 petugas akhirnya diturunkan untuk membersihkan Kali Cipinang, Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (26/11/2013). 

WARTA KOTA, MAKASAR - Wakil Camat Makasar, Indra Ansor, mengatakan, pihaknya tidak bisa antisipasi derasnya arus Kali Cipinang, di Jalan Pusdiklat Disnaker, Kelurahan Kampung Makasar, Kecamatan Makasar Jakar Timur, Selasa (28/1/2014), karena belum ada peringatan dini.

Namun, pihaknya hanya bisa melakukan penanggulan menggunakan karung-karung berisi pasir di sekitar Kali. "Ada empat RW yang terendam, saat ini kami masih mendata. Namun, belum ada warga yang mengungsi. Saat ini kami sudah berkoordinasi dengan pihak SDPU Tata Air," katanya.

Sedangkan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta, Manggas Rudi Siahaan, mengatakan, Kali tersebut seharusnya memiliki lebar 25 meter sampai 30 meter.

Namun, saat ini, lebar Kali hanya mencapai tujuh meter. Akibatnya, Kali pun tidak bisa menampung debit air yang cukup deras tersebut.
"Bahkan di salah satu titik lebar kali hanya empat meter. Bisa dibayangkan air yang besar tertahan dan berbalik kembali, inilah yang membuat banjir," kata Manggas saat meninjau lokasi, Selasa (28/1/2014) sore.

Meskipun, Kali Cipinang merupakan salah satu sungai yang menjadi kewenangan Pemerintah Pusat, namun, pihaknya tetap melakukan tindakan untuk mengantisipasi jebolnya tanggul tersebut.

"Kami juga akan berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum untuk menormalisasi Kali Cipinang hingga memiliki daya tampung yang besar," katanya yang didampingi Kasudin PU Tata Air Jakarta Timur, Jati Waluyo itu.

Untuk itu, pihaknya pun saat ini telah mengantisipasi dengan menurunkan puluhan petugas. Kali tersebut pun diberikan tanggul tambahan menggunakan bronjong dan batu kali.

"Kami juga akan menginventarisasi untuk pembebasan lahan di sekitar Kali untuk keperluan normalisasi nanti," katanya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved