Piala Dunia

Lothar Matthaeus: Ini Syarat Jerman Jika Ingin Juara

Peluang skuat Der Panzer meraih gelar Piala Dunia 2014 Brasil bakal terbuka lebar. Apa syaratnya.

Kompas.com
Lothar Matthaeus 

WARTA KOTA, PALMERAH-- Legenda sepak bola Jerman, Lothar Matthaeus, mengatakan, peluang skuat Der Panzer meraih gelar Piala Dunia 2014 Brasil bakal terbuka lebar jika Marco Reus dan kawan-kawan bisa belajar dari sejumlah kesalahan dalam turnamen-turnamen internasional sebelumnya.

Jerman terakhir kali meraih gelar juara dunia pada 1990 di Italia. Sejak Piala Dunia 2006, Jerman selalu kandas di semifinal dan hanya mampu meraih status sebagai peraih peringkat ketiga.

Pun halnya dengan keikutsertaan Jerman di Piala Eropa di mana Jerman terakhir kali mencicipi trofi juara pada 1996 di Inggris. Pada 2012, Jerman juga tersingkir di semifinal setelah dikalahkan Italia.

Menurut Matthaeus, salah satu faktor penting yang harus diperhatikan Jerman adalah efek psikologis para pemainnya. Ia menilai, jika Jerman bisa mengatasi masalah kepercayaan diri pemain, maka gelar juara Piala Dunia bisa diraih di tangan.

"Itulah yang menjadi kritik dari saya dalam beberapa turnamen terakhir. Saya merasa kurang adanya mental juara," kata Matthaeus seperti dilansir situs resmi FIFA.

"Tentu, semua orang ingin menang dengan caranya sendiri dan semua orang tentu juga ingin melakukan yang terbaik. Akan tetapi, terkadang mungkin Anda membutuhkan sedikit lebih dari yang terbaik."

"Anda membutuhkan sesuatu yang tidak diperkirakan oleh lawan. Itulah yang saya pikir telah hilang dalam skuad Jerman. Ketika Anda kalah dari Italia pada 2012, Anda butuh pemain yang bisa cepat bangkit."

"Aku berharap tim bisa belajar dari sejumlah kesalahan itu dan tidak mengulanginya untuk melakukan hal yang lebih baik lagi. Jika mereka dapat melakukan hal itu (di Brasil), maka mereka akan menjadi juara," tambahnya.

Editor: Suprapto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved