Breaking News:

Ranjau Paku

Ini Penyebab Penebar Ranjau Paku Tidak Kapok

Polda Metro Jaya meminta Pemprov DKI Jakarta meninjau ulang izin usaha tambal ban.

Warta Kota/Feryanto Hadi
Sejumlah ranjau paku yang ditemukan di jalan. 

WARTA KOTA, PALMERAH— Ramai serta maraknya penemuan ranjau paku di beberapa wilayah DKI Jakarta, dituding bersumber dari para tukang tambal ban  di sekitar rute penemuan ranjau itu. Untuk itu, Polda Metro Jaya meminta Pemprov DKI Jakarta  meninjau ulang izin usaha  tambal ban.

"Kalau lokasi itu (ranjau paku) pasti tidak jauh ada lokasi tukang tambal ban. Kami ingin Pemprov DKI meninjau kembali ada izinnya atau tidak. Kalau fungsinya tidak signifikan agar ditinjau kembali," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto di Mapolda Metro Jaya, Selasa (7/1/2014).

Upaya tersebut  merupakan langkah lain untuk mengurangi keresahan masyarakat akibat adanya ranjau paku tersebut. Karena, diketahui walau pihaknya bersama komunitas sudah melakukan upaya penyisiran dalam membersihkan ranjau paku, pasti ditemukan kembali paku-paku di lokasi yang sama pada keesokan harinya.

"Walaupun kita dengan komunitas pagi patroli dapat (ranjau paku), tapi sore pasti ada lagi, besok juga begitu dan mengherankan lagi di mana di situ ada ranjau paku, tidak jauh ada tukang tambal ban," ungkapnya.

Tidak hanya sebatas pencegahan, pihaknya pun sudah berulang kali  menangkap tangan para pelaku penebar ranjau paku di beberapa wilayah. Namun, karena dikenakan pasal serta sanksi ringan, kecurangan tersebut akan kembali terulang.

"Terakhir petugas  mengamankan seorang pelaku berinisial B di Jakpus, pelaku dihakimi massa, dan dibakar motornya. Walaupun tetap disidik dan diproses, pelaku hanya dikenakan pasal ringan karena tidak ada korban yang melapor. Mungkin karena dianggap masyarakat kerugian ringan, sehingga tidak ada yang melaporkan," jelasnya.

Penulis:
Editor: Suprapto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved