Breaking News:

Pemilu 2014

Strategi Kampanye Caleg Siapkan Kampanye Negatif

Burhanudin Muhtadi mengatakan ada tiga cara kampanye yang ditempuh partai politik untuk mememangkan Pemilu 2014.

Penulis: | Editor: Suprapto
Strategi Kampanye Caleg Siapkan Kampanye Negatif
Warta Kota
Pengamat Politik Burhanuddin Muhtadi

WARTA KOTA, PALMERAH— Terhitung sejak hari ini, Pemilihan Umum anggota legislatif (Pileg) tinggal 65 hari lagi. Untuk memenangkan pemilu, masing-masing partai semakin mengencangkan strategi untuk meraih dukungan terbanyak dari rakyat.

Pengamat politik, Burhanudin Muhtadi, mengatakan ada tiga cara kampanye yang ditempuh partai politik untuk mememangkan Pemilu 2014. Cara tersebut bahkan sudah ditempuh sejak lama.

"Pertama kampanye positif. Masing-maisng calon atau partai politik menyosialisasikan hal-hal yang baik tentang dirinya. Pencitraan lah," ujar Burhan saat menjadi pembicara dalam diskusi bertajuk 'Tahun poliitk Yang Menggelitik', di Warung Daun Cikini, Jakarta, Sabtu (4/1/2014).

Kedua, adalah dengan menggunakan kampanye negatif. Dalam kampanye ini, calon atau partai politik mengeluarkan paket-paket serangan yang terkait dengan kelemahan lawan-lawan politiknya.

"Hal ini ditempuh jika kampanye positif tersebut gagal. Maka calon atau partai lawannya juga ikut buruk," tambah Burhan.

Kampanye ketiga adalah kampanye hitam. Menurut Burhan, dalam politik, fiksi dan fakta perbedannya sangat tipis. Politikus akan mencari berbagai kiat supaya masyarakat percaya terhadap apa yang mereka sampaikan menyangkut lawan-lawan politiknya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved