SEA Games 2013

Ini Syarat Timnas U23 Melaju ke Semifinal

Tim nasional Indonesia U-23 semakin sulit lolos ke babak semifinal cabang sepak bola SEA Games 2013.

Ini Syarat Timnas U23 Melaju ke Semifinal
Tribunnews.com
Penyerang Timnas U-23, Yandi Sofyan 

WARTA KOTA, YANGON-- Tim nasional Indonesia U-23 semakin sulit lolos ke babak semifinal cabang sepak bola SEA Games 2013. Hal itu lantaran Garuda Muda gagal memetik kemenangan setelah ditahan imbang tanpa gol oleh Timor Leste pada lanjutan penyisihan Grup B di Stadion Thuwunna, Yangon, Sabtu (14/12/2013).

Hasil ini membuat Indonesia terkunci di peringkat ketiga dengan merangkum empat poin, atau tertinggal dua poin dari Thailand dan Myanmar di dua besar. Kedua tim baru akan bertemu setelah laga ini.

Dengan demikian, nasib Indonesia tergantung dari hasil pertandingan Thailand dan Myanmar. Jika kedua tim bermain imbang, maka Indonesia harus menang dengan skor besar saat bertemu Myanmar di laga terakhir, Senin (16/12/2013), untuk meraih tiket semifinal.

Namun jika Thailand menang, maka Indonesia hanya perlu menang atas Myanmar (tanpa ada kewajiban menang besar). Jika sebaliknya, maka Myanmar pasti meraih tiket semifinal dan posisi Indonesia sangat kritis bahkan hampir pasti tidak lolos (meski kalahkan Myanmar) karena di laga terakhir Thailand berpeluang besar menang ketika bertemu tim lemah, Kamboja.

Indonesia sebetulnya tampil menekan sejak menit-menit awal. Pasukan Rahmad Darmawan memiliki dua peluang emas pada 15 menit pertama.

Pada menit ke-12, Bayu Gatrra dengan kemampuan individunya berhasil menembus kotak penalti lawan dan kemudian melepaskan tembakan. Sayang, bola hasil tembakan Bayu masih terlalu lemah sehingga muda ditangkap kiper Ramos Manxances.

Berselang beberapa menit kemudian, giliran Manahati Lestusen yang berhasil melepaskan tembakan. Namun, tembakan Manahati kembali berhasil ditangkap Ramos Manxances.

Setelah itu, Indonesia tetap menguasai permainan. Sayangnya, Garuda Muda kesulitan menciptakan peluang. Hal itu karena tidak ada kerjasama yang baik ditampilkan Bayu Gatra dan kawan-kawan, di samping karena beberapa pemain melakukan kesalahan mengumpan bola.

Sekitar 15 menit sebelum laga usai, Indonesia terlihat meningkatkan serangannya. Akan tetapi, Indonesia tetap miskin kreativitas serangan. Umpan dan serangan yang dilancarkan tak mampu menciptakan peluang bagi Merah Putih. Alhasil, skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Selepas jeda, Indonesia baru bisa menciptakan peluang cukup baik pada menit ke-54. Peluang tersebut berawal dari bola yang dikirimkan oleh Bayu Gatra kepada Ramdani. Ramdani yang berdiri bebas langsung menggiring bola masuk ke dalam penalti lawan. Namun, peluang tersebut akhirnya sia-sia setelah tembakan Ramdani diblok Manxances meskipun tinggal berhadapan satu lawan satu.

Halaman
12
Editor: Suprapto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved