Breaking News:

Pencurian Motor

Cewek Komplotan Curi Motor Jadi Pengintai

Kasat Reskrim Polrestro Jakbar AKBP Hengki Haryadi mengatakan, perempuan muda dalam komplotan itu berperan sebagai pengintai.

Editor: Suprapto
Cewek Komplotan Curi Motor Jadi Pengintai
Wartakotalive.com
Pelaku curanmor

WARTA KOTA, KALIDERES-- Kasat Reskrim Polrestro Jakarta Barat AKBP Hengki Haryadi mengatakan, keberadaan perempuan muda dalam komplotan pencurian sepeda motor (curanmor) berperan sebagai pengintai.

"Jadi, para pelaku menggunakan wanita supaya tidak dicurigai. Wanita ini tugasnya menggambar keadaan di sekitar lokasi dan memberitahu temannya untuk mengambil motor dan memindahkan barang ke wanita dan wanita itu yang pergi membawa motornya," ujar Hengki di Mapolrestro Jakarta Barat, Senin (11/11).

Menurut Hengki, cara yang digunakan komplotan itu terbilang efektif untuk memperdaya korban maupun masyarakat yang berada di sekitar lokasi. "Modus ini tidak menimbulkan kecurigaan karena petugas dan warga tak akan percaya kalau wanita yang mencuri motor," ujar Hengki.

Kapolsektro Kalideres Kompol Danu Wiyata membenarkan bahwa modus penggunaan prempuan muda tersebut baru ditemukan jajarannya.

"Itu merupakan modus yang benar-benar baru dan unik. Kami baru sekali ini menemukan kasus yang melibatkan ABG," kata Danu.

Dijelaskan Danu, peran Sarah dalam komplotan itu sebagai pengintai atau informan. "Si cewek itu ke mana-mana pergi dengan membawa kunci letter T. Dia bertindak sebagai informan, berkeliling mencari sasaran. Jika dia menemukan ada sasaran yang tepat, dia menghubungi rekan-rekannya. Barulah kemudian komplotan itu beraksi. Modus seperti ini saya kira patut diwaspadai," jelasnya.

Para tersangka, yakni Wawan, Maman, Buang dan Sarah alias Ganyong telah diamankan, berikut barang bukti motor Yamaha Mio warna hijau, tahun pembuatan 2010 atas nama Siti Fatimah.

Kejadian pencurian sendiri berlangsung pada Selasa 10 September 2013 lalu di Kayu Besar RT 04 RW 12 Kelurahan Tegal Alur, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat. AKP Ubaidillah, Kanitreskrim Polsek Kalideres menjelaskan, saat itu komplotan sengaja mengincar daerah tersebut sebagai target operasi.

"Kejadiannya dini hari, sekitar pukul 02.45. Komplotan memanfaatkan situasi yang sepi kemudian menggasak satu unit sepeda motor Yamaha Mio," kata dia.

Sarah Fitriani adalah remaja yang baru menginjak usia 19 tahun dan baru lulus Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kalideres, Jakarta Barat. Sarah bersama tiga teman prianya, Wawan, Maman, Buang tertangkap polisi lantaran mencuri motor di kawasan Kayu Besar RT 04 Rw 12, Kelurahan Tegal Alur, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat baru-baru ini. (fha/m15)

Informasi lebih lengkap, silakan baca Warta Kota edisi Selasa (12/11/2013).

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved