Breaking News:

Kenali Gejala Pneumonia Pada Anak

Pneumonia adalah infeksi saluran pernafasan akut yang dapat disebabkan oleh bakteri, virus, atau fungi parasit.

Kenali Gejala Pneumonia Pada Anak
onhealth.com
Ilustrasi

WARTA KOTA, MENTENG - Pneumonia adalah infeksi saluran pernafasan akut (radang paru) yang dapat disebabkan oleh bakteri, virus, atau fungi parasit.

Jenis bakteri yang paling sering ditemukan sebagai penyebab Pneuomonia diantaranya Streptococcus pneumonia, dan Haemophilus influenza type b (Hib).

Gejala Pneumonia yang dapat dikenali di antaranya batuk dan pilek dalam waktu yang lama, sesak nafas, demam, bibir kebiruan, irama nafas yang cepat, dan adanya tarikan rongga dada (nafas berat) saat menarik nafas.

"Pneumonia dapat ditularkan melalui beberapa cara diantaranya lewat udara dan percikan ludah saat batuk atau bersin," tutur Prof.Dr.dr.Bambang Supriyanto, Sp.A(K) dari UKK Resporologi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM, saat seminar Pneumonia di Demang Cafe & Resto, Thamrin, Jakarta Pusat pada Jumat (8/11/2013).

Pneumonia pada anak dapat dicegah sejak dini diantaranya dengan pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan tanpa makanan pendamping, pemberian nutrisi yang cukup, menjaga kesehatan ibu hamil untuk mencegah berat badan lahir rendah, menghindari asap polusi (terutama dari rokok), dan menerapkan kebiasaan mencuci tangan secara benar.

"Walaupun Pneumonia dapat diobati dengan pemberian antibiotika dosis tinggi, tetapi tetap perlu diingat bahwa resistensi kuman terhadap antibiotik juga akan meningkat. Karena itu, vaksinasi dasar (DPT, HIB, Campak, dan Pneumokokus) penting untuk setiap anak sebagai tindakan pencegahan Pneumonia," ujar Prof.dr.Cissy B. Kartasasmita, Msc, Sp.A(K), PhD, UKK Respirologi IDAI, Departemen Ilmu Kesehatan Anak FK-UNPAD. (Rizky Sulaiman Salim)

Tags
pneumonia
Editor: Dian Anditya Mutiara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved