Breaking News:

Jokowi Tak Ingin Jalur Sepeda Disia-siakan Pesepeda

Banyak jalur sepeda justru dilewati pengendara seperti motor karena pengguna sepedanya jarang.

Fabian Januarius Kuwado/ KOMPAS.COM
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, menaiki sepeda Low Rider milik salah seorang komunitas sepeda yang tengah mengikuti Car Free Day di area Bundaran Hotel Indonesia, Minggu (25/11/2012) pagi. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Nicolas Timothy

WARTA KOTA, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo berharap jalur sepeda dimanfaatkan betul oleh warga Jakarta.

"Jalur sepeda harus produktif. Kalau sudah dibuat, itu harus dipakai," ujar Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi di Kebun Bibit Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (5/11/2013).

Menurut Jokowi, selama ini jalur sepeda yang ada justru seolah-olah ditinggalkan penggunanya. Banyak jalur sepeda justru dilewati pengendara seperti motor karena pengguna sepedanya jarang.

Di sisi lain, Jokowi juga mengakui jalur sepeda yang ada saat ini masih minim. Hal itu karena jalanan padat kendaraan bermotor sehingga tak memberikan banyak ruang bagi pesepeda.

"Tapi kalau transportasi massal sudah siap, beda soal. Karena jalan pasti lebih longgar," kata mantan Wali Kota Solo.

Sebelumnya, jalur sepeda yang ada di Jakarta, selain minim juga sering disalahgunakan pengendara lain. Misalnya, jalur sepeda yang berada di kawasan Kanal Banjir Timur, Jakarta Timur, yang jalurnya justru digunakan kendaraan roda dua atau motor.

Banyak pesepeda mengeluhkan kejadian itu. Mereka sampai meminta Pemprov DKI untuk menindak pengendara motor yang nekat masuk jalur sepeda.

Tags
sepeda
Penulis:
Editor:
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved