Senkom Polri Dapat Menjadi Komponen Cadangan

Anggota senkom berasal dari berbagai lapisan masyarakat yang peduli kamtibmas dan berkeinginan menjadi bagian dari perekat bangsa.

Jombang, Wartakotalive.com

Pengurus Pusat Organisasi Sentra Komunikasi Mitra Polri (Senkom Polri) menyatakan, para personel Senkom Polri merupakan unsur Ratih (Rakyat Terlatih) dan dapat menjadi Kuatcad (Kekuatan Cadangan) apabila negara membutuhkan mereka sewaktu-waktu.

Pernyataan dan pandangan itu disampaikan oleh jajaran pengurus pusat Senkom Polri di sela-sela acara Diklat Kamtibmas dan Bela Negara Senkom Polri, di Bumi Perkemahan Wonosalam, Jombang, Jawa Timur, Jumat (20/9/2013).

“Ini harus menjadi catatan kita semua akan pentingnya elemen masyarakat yang rela bekerja untuk membantu pemerintah dari sisi kamtibmas dan hankamnas sebagai Komponen Cadangan. Kami menyadari bahwa kamtibmas dan Hankamnas yang kondusif akan menciptakan stabilitas nasional bidang sosial, politik, ekonomi yang kondusif pula,” kata Ketua Umum Senkom, HM. Sirot, SH, SIP.

Terkait dengan acara Diklat Kamtibmas dan Bela Negara itu, Ketua Departemen Humas Senkom Mahar Prastowo, menjelaskan, dengan domain utama di bidang komunikasi, penting bagi anggota Senkom Polri mengikuti pendidikan dan pelatihan di bidang kamtubmas dan bela negara.

Tujuannya, katanya, adalah untuk meningkatkan kemampuan personel Senkom dalam melakukan deteksi dini dan pengenalan situasi gejala gangguan kamtibmas, melaporkan kejadian-kejadian berpotensi konflik dan berbagai potensi lain yang akan mengganggu kehidupan masyarakat.

"Termasuk di dalamnya membentengi masyarakat dari informasi-informasi menyesatkan tentang berbagai hal yang dapat membuat rapuhnya persatuan dan kesatuan bangsa,” ujar Mahar, yang juga penyuluh Empat Pilar Kebangsaan.

Menurut Mahar, dengan menguasai informasi, Senkom dapat melakukan kegiatan kontra isu atas berbagai isu negatif yang dilakukan pihak-pihak tertentu untuk melemahkan sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara yang berpegang pada 4 pilar kebangsaan : Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan keutuhan NKRI.

Senkom Mitra Polri adalah ormas yang berdiri pada 1 Januari 2004 berdasar UU Kepolisian yang mengatur tentang pam swakarsa dan telegram Kapolri, serta berbadan hukum sebagai ormas (terdaftar di Kemendagri).

Anggota senkom berasal dari berbagai lapisan masyarakat yang peduli kamtibmas dan berkeinginan menjadi bagian dari perekat bangsa.

Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved