Breaking News:

Souvenir Produk UMKM Jakarta Diharapkan Punya Nilai Jual Tinggi

"Kami sudah lakukan pembinaan-pembinaan kepada para UMKM, memberikan edukasi maupun pelatihan baik tentang peningkatan kualitas."

Jakarta, Wartakotalive.com

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Arie Budiman, mengaku sedang mengupayakan peningkatan kualitas produk-produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Jakarta.

"Kami sudah lakukan pembinaan-pembinaan kepada para UMKM, memberikan edukasi maupun pelatihan baik tentang peningkatan kualitas produk maupun dari sisi bisnisnya," ujar Arie di Jakarta, Kamis (18/7/2013).

Langkah pembinaan, kata Arie, juga dilakukan dengan menggelar lomba mendesain souvenir bertajuk Jakarta Sovenir Design Award (JSDA) 2013. Lomba ini diprakarsai Dewan Kesenian Nasional Daerah (Dekrasnada) Provinsi DKI Jakarta dengan tujuan untuk menemukan kreasi desain souvenir terbaik ciri khas kota Jakarta.

"Dalam kompetisi ini, kami juga melakukan pembinaan kepada para perajin/UKM. Baik desain, kualitas bahan dan sebagainya. Jadi, kami mencoba memberi motivasi kepada mereka dengan mengadakan kompetisi desain souvenir. Agar produk dari UKM di Jakarta ini semakin berkualitas, baik dari segi kemasan maupun kualitas produknya," ungkap Arie.

Jakarta, kata Arie, sebenarnya adalah pasar yang bagus untuk penjualan souvenir. Sebab, katanya, dalam satu tahun, sekitar Rp50 juta orang berada di Jakarta, baik masyarakat lokal maupun dari mancanegara.

"Ini sebetulnya menjadi potensi yang sangat bagus buat para perajin souvenir. Untuk itu, kita bersama-sama dan bahu membahu harus bisa menciptakan souvenir khas Jakarta yang berkualitas. Agar tidak hanya diminati di pasar lokal, namun juga di mancanegara," katanya.

Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved