Liga Inggris

Ini Duel Terpanas di Ujung Tahun 2012

Duel saudara Manchester bakal berlangsung Minggu (9/12) ini di Etihad.

Manchester, Wartakotalive.com

Duel saudara Manchester bakal berlangsung Minggu (9/12) ini di Etihad. Bagi Manchester City, pertandingan ini menjadi ujian dalam memuluskan jalan untuk mempertahankan gelar Liga Primer Inggris menghadapi rival sekota, Manchester United (MU). City bakal habis-habisan mengingat peluang mereka meraih trofi di kompetisi Eropa telah musnah.

Derby terpanas di ujung tahun 2012 ini dipastikan akan menjadi sorotan para fans di seluruh dunia. Pertaruhan sebagai yang terbaik di kota Manchester tentu membuat tensi laga dan juga psikologi para pungawa tim akan meningkat tajam. Mereka ingin tampil memuaskan di depan publik sendiri dengan catatan jangan sampai kalah atau dipermalukan. Pertandingan ini menjadi sangat penting bagi keduanya. Sebab, jika Manchaster City kalah, poin mereka akan semakin jauh dan peluang merebut puncak klasmen yang masih dipegang oleh MU terancam tak tercapai.

Pelatih Manchester United Sir Alex Ferguson menegaskan tidak khawatir menghadapi laga ini, meski timnya kalah dua kali beruntun di Liga Champions. United tergelincir di kandang sendiri 1-0 atas CFR Cluj baru-baru ini.

Untuk persiapan tanding akbar ini, Ferguson membuat 10 perubahan pada timnya yang menang 4-3 atas tim tuan rumah Reading pada akhir pekan lalu. Tidak main-main, City menginginkan kemenangan atas Red Devils atau Setan Merah, julukan MU. Sebelum meraih gelar musim lalu, City dilabeli 'tetangga yang berisik'. Status itu kembali melekat andai kalah dari MU. Di fase grup Liga Champions, City compang-camping. Mereka finis sebagai juru kunci sehingga gagal menembus 32 besar Liga Eropa.

Di liga, Citizens-julukan Manchester City-tertinggal tiga poin dari MU yang menduduki puncak klasemen. Jika kalah, jarak keduanya bertambah lebar. Namun, mereka satu-satunya tim yang belum tersentuh kekalahan hingga pekan ke-15.

Posisi keduanya terus dibayangi Chelsea, Tottenham Hotspur, dan West Bromwich Albion yang sama-sama mengemas 26 poin. Terpeleset, ketiga tim otomatis mendekat. "Jelas ini (kegagalan di Eropa) bisa membantu kami menjuarai liga," kata pelatih City, Roberto Mancini, usai kekalahan 0-1 dari Borussia Dortmund, Rabu lalu.

City tidak diperkuat gelandang kreatif David Silva saat kalah 0-1 di Jerman. Silva, kemungkinan masih absen akibat cedera hamstring. Dari kubu MU, Pelatih Sir Alex Ferguson mewanti-wanti agar lini pertahanan meminimalisir kesalahan di lini belakang. Red Devils -julukan MU-sudah kebobolan 32 gol di berbagai kompetisi.

Sedangkan City, berstatus tim dengan pertahanan terbaik. Mereka baru kebobolan 11 gol. Selisih memasukkan-kemasukkan ikut mempengaruhi hasil akhir musim. Pada pertemuan terakhir di Etihad, MU kalah 0-1. Setan Merah juga masih tergiang hantaman 1-6, Oktober tahun lalu di Old Trafford. MU kalah 0-1 dari CFR Cluj pada laga terakhirnya di Liga Champions. "Kami harus bertahan dengan cara yang lebih baik. Ini (pertahanan) kami begitu mengkhawatirkan," Ferguson mengingatkan.

Ferguson terus memonitor kondisi palang pintu Nemanja Vidic, yang absen sejak September paska operasi lutut. Belum ditentukan apakah Vidic dipercaya turun pada derbi. Playmaker asal Jepang Shinji Kagawa sudah pulih dari cedera. Tom Cleverley dinyatakan fit paska pemindaian betis. Gelandang sayap Antonio Valencia, Nani, dan Anderson masih absen. "Kami dalam posisi menguntungkan. Tetapi belajar dari musim lalu kami tidak boleh lengah. Kami seperti frustasi karena dituntut harus sempurna," kata sayap serang veteran, Ryan Giggs.

Halaman
1234
Editor: Andy Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved