Empat Cara Memilih Ikan Salmon

Ikan salmon yang dijuluki sebagai raja ikan harganya relatif mahal. Tapi, nutrisi ikan ini boleh mendapat acungan jempol alias bernustrisi tinggi.

Palmerah, Wartakotalive.com

Ikan salmon yang dijuluki sebagai raja ikan harganya relatif mahal. Tapi, nutrisi ikan ini boleh mendapat acungan jempol alias bernustrisi tinggi. Agar ikan salmon itu bisa dinikmati dengan maksimal, sebaiknya beli ikan salmon yang segar, serta teliti dan cermat saat memilihnya.

Lalu, bagaimana cara memilih ikan salmon yang baik? Ikan salmon termasuk dalam jajaran ikan yang memiliki kandungan nutrisi tinggi. Ada beberapa trik memilihnya agar mendapatkan manfaat maksimal. Berikut ada empat tip saat memilih salmon, seperti dimuat dalam Eatingwell.

1. Jenis salmon

Ikan salmon memiliki beberapa spesies dengan harga, warna dan rasa yang berbeda. Yang paling baik adalah jenis king atau chinook salmon, yang memiliki omega 3 tertinggi dengan tekstur yang lembut. Jenis sockeye memiliki rasa yang lebih kuat dan paling cocok untuk dipanggang. Coho bertekstur lebih lembut, sementara chum salmon paling ideal diolah dengan cara diasap.

2. Ternak atau liar?

Jika memungkinkan, pilihlah salmon liar dibanding salmon yang diternakkan. Seafood Watch dan juga Environmental Defense Fund menemukan jika beberapa peternak salmon menggunakan antibiotik dan juga mengembangkannya di kolam yang padat dan rawan terkena parasit.

3. Perbedaan warna salmon

Sering bingung karena ada salmon yang berwarna oranye cerah dan juga oranye pucat? Warna oranye pada ikan dihasilkan dari carotenoid, yaitu antioksidan yang bisa melawan efek buruk radikal bebas, cegah penyakit jantung, kanker, juga penyakit mata. Pilih ikan salmon dengan warna oranye cerah untuk manfaat yang maksimal.

4. Pilih salmon atau ikan lain?

Salmon merupakan ikan yang kaya akan DHA, yaitu asam lemak omega 3 yang sangat dibutuhkan otak. DHA tersimpan dalam lemak ikan salmon. Spesies yang lebih besar, seperti king salmon, memiliki omega 3 yang lebih banyak dibandingkan jenis salmon lainnya. Karena kandungan omega 3 ini, salmon dianggap menjadi salah satu ikan paling sehat yang disarankan untuk dikonsumsi. (detik.com/tan)

Editor: Andy Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved