Salad Rumput Laut, Lezat dan Kaya Protein

Kalau Anda bersantap di restoran Jepang, mungkin Anda akan mendapati menu seperti salad wakame. Sekali-sekali, coba lah menu ini. Wakame, atau rumput laut, selain mengenyangkan juga menyehatkan.

Jakarta, Wartakotalive.com

Kalau Anda bersantap di restoran Jepang, mungkin Anda akan mendapati menu seperti salad wakame. Sekali-sekali, coba lah menu ini. Wakame, atau rumput laut, selain mengenyangkan juga menyehatkan.

Rumput laut termasuk bahan makanan yang kaya protein. Sumber protein memang bukan hanya dari ikan, ayam, telur, atau daging sapi. Tetapi mengonsumsi jenis protein hewani seperti ini kadang-kadang memang jadi membosankan. Nah, mengonsumsi protein jenis lain, seperti tahu, tempe, atau rumput laut ini, bisa jadi selingan yang memuaskan lidah.

Rasanya campuran antara manis dan gurih, dengan tekstur yang kenyal. Di beberapa restoran, salad wakame biasanya diberi campuran kulit salmon kering atau taburan wijen.

Baca juga: Nori, Snack untuk Mengikis Lemak

Menurut penelitian terbaru, rumput laut yang diolah dalam bentuk apa pun mengandung nutrisi pembangun otot. Kandungan protein pada beberapa jenis rumput laut memang berbeda-beda, antara 2-9 gram per cangkir. Selain kaya protein, rumput laut juga mengandung vitamin, mineral, dan substansi semacam hormon yang baik untuk tubuh.

Beberapa varian rumput laut juga mengandung peptida penghambat renin, yang membantu mengendalikan tekanan darah tinggi, migrain, dan kondisi lain, demikian menurut Mary Hartley, RD, pakar nutrisi dari DietsInReview.com. Hartley menyarankan untuk menikmati rumput laut dalam sajian salad, sup, atau tumisan.

"Rumput laut kering itu seperti dendeng yang bisa dimakan polosan, atau dicampur makanan lain. Nori, yang biasa dipakai untuk membungkus sushi, itu rumput laut yang dipanggang. Rumput laut butiran sering dijual sebagai pengganti garam yang tinggi yodium," katanya (Baca juga: Rumput Laut Bisa Menggantikan Garam?).

Variasi lainnya yang pernah kita jumpai mungkin carrageenan (karaginan), yang digunakan dalam industri pangan maupun kecantikan. Atau, agar-agar yang bisa dimakan begitu saja, atau ditambahkan pada es krim, roti, dan lain sebagainya.

Yang perlu Anda ketahui adalah berapa banyak rumput laut yang bisa Anda konsumsi. Asupan protein harian yang disarankan adalah 0,8 gram untuk setiap kilogram berat badan Anda. Sedangkan, protein rumput laut tidak bisa langsung disejajarkan dengan protein yang didapat dari sumber hewani. Misalnya, Anda harus nyemil 21 lembar nori untuk mendapatkan protein yang setara dengan dada ayam sebanyak 300 gram. Namun, jatah protein bisa mencapai 10-35 persen dari jumlah kalori secara total yang Anda konsumsi.

KOMPAS.com

Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved