Kanal

Tiga Residivis Gasak Uang Miliaran Rupiah dengan Bermodalkan Korek Api Kayu

Tersangka HT dan RZL ditangkap pada tanggal 14 Agustus 2018. Sedangkan tersangka A hingga kini masih dalam pengejaran polisi. Saat diamankan, polisi membawa serta barang bukti sebanyak 89 kartu ATM dan 6 buku tabungan dari berbagai bank beserta 6 unit ponsel. - Warta Kota/Rangga Baskoro

SEJUMLAH tiga residivis berinisial HT (44), RZL (39) dan A (38) berhasil menggasak uang miliaran rupiah hanya dengan bermodalkan sebatang korek api kayu.

Ketiganya melakukan aksinya di sejumlah gerai ATM di Jakarta.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono menceritakan, para pelaku memanfaatkan sebatang korek api kayu guna mengganjal mesin ATM di beberapa lokasi gerai.

Seperti yang mereka lakukan di gerai ATM, Km 14, Daan Mogot Jakarta Barat, Senin (16/7/2018) lalu, sekira pukul 10.30 WIB.

"Ada tiga orang pelaku dengan peran yang berbeda-beda. HT bertugas untuk mengganjal lubang kartu ATM menggunakan batang korek api dan mengintip PIN korban. Kemudian RZL berjaga-jaga di sekitar lokasi dan A bertugas mengumpulkan uangnya," kata Argo di Mapolda Metro Jaya, Rabu (12/9).

Kala itu, korban berinisial PS kebingungan saat Kartu ATM miliknya tak bisa keluar usai mengambil sejumlah uang.

Tersangka HT dan RZL ditangkap pada tanggal 14 Agustus 2018. Sedangkan tersangka A hingga kini masih dalam pengejaran polisi. Saat diamankan, polisi membawa serta barang bukti sebanyak 89 kartu ATM dan 6 buku tabungan dari berbagai bank beserta 6 unit ponsel. (Warta Kota/Rangga Baskoro)

Saat itu, HT pun mendekatinya dan berpura-pura menolong korban.

Sebelumnya, ia pun telah mempersiapkan ATM palsu dengan bank yang sama seperti yang digunakan PS.

"Ketika korban lengah, pelaku menukarkan kartu ATM miliknya dengan kartu ATM lain yang sudah disiapkan sebelumnya dan selanjutnya pelaku mengambil kartu ATM yang sudah diganjal. Kemudian setelah korban memegang kartu ATM palsu dan pergi meninggalkan lokasi, para pelaku langsung melakukan transaksi penarikan tunai maupun secara transfer ke rekening penampungan yang sudah disiapkan," ujarnya.

Setelah dicek, korban kaget karena uang di ATM miliknya sudah ludes. Ia pun melaporkan kejadian tersebut ke Polda Metro Jaya.

Halaman
12
Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota

Viral Rumah Bohemian Rapsody di Blitar, Gaya Eropa dan Dianggap Mistis, Lihat Video Penampakannya

Berita Populer