Kanal

Tiongkok Tunjuk Guus Hiddink Tangani Timnas Sepak Bola untuk Olimpade 2020

Manajer Chelsea, Guus Hiddink, memuji penampilan timnya saat menang 5-1 atas Newcastle United, pada laga Premier League di Stadion Stamford. - KOMPAS.COM/GLYN KIRK/AFP

ASOSIASI Sepak Bola Tiongkok (CFA) mengumumkan penunjukkan pelatih berpengalaman Guus Hiddink untuk menangani tim nasional U-21 dengan target mencapai putaran final Olimpiade 2020.

Tugas utama Hiddink dalam penunjukkan tersebut adalah memimpin Tiongkok mengarungi Piala Asia U-23 2020, yang menjadi fase kualifikasi pamungkas untuk cabang olahraga sepak bola Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang, bagi negara-negara Asia.

Pasalnya, Tiongkok telah absen dari putaran final cabang olahraga sepak bola Olimpiade sejak 2008, kala mereka berstatus tuan rumah yang memperoleh tiket langsung.

Baca: Roberto Mancini Andalkan Jorginho Hadapi Portugal

Pelatih berusia 71 tahun dengan segudang pengalaman menangani Real Madrid dan timnas Belanda itu menjadi nama besar kesekian yang tiba di Tiongkok selepas Presiden Xi Jinping mengungkapkan keinginannya agar negaranya menjadi salah satu kekuatan besar sepak bola global.

Hiddink mengikuti jejak Marcelo Lippi yang kini menangani timnas senior Tiongkok dan tengah bersiap menghadapi putaran final Piala Asia 2019 di Uni Emirat Arab pada Januari mendatang.

Sementara di Liga Super Tiongkok, sederet nama pelatih terkemuka seperti Luiz Felipe Scolari, Fabio Capello, Manuel Pellegrini dan Andre Villas Boas sempat meniti karier di sejumlah klub setempat.

Hiddink sudah tak asing dengan permainan sepak bola di kawasan Asia, setelah ia sempat membawa Korea Selatan mencapai semi final Piala Dunia 2002 silam serta mengantarkan Australia mencicipi fase 16 besar pertamanya di Piala Dunia di Jerman empat tahun berselang.

Editor: Dewi Pratiwi
Sumber: Antara

Kronologi Anggota The Jak Mania Tewas Dikeroyok Oknum Suporter Persib, sempat Minta Tolong

Berita Populer