Kanal

Terungkap, Foto Pelantikan Donald Trump sebagai Presiden AS Ternyata Diedit

FOTO sebelah kiri adalah kondisi sesungguhnya pelantikan Donald Trump sebagai presiden AS pada 21 Januari 2017. Kemudian terungkap adaya rekayasa yang membuat foto pelantikan Trump terlihat lebih ramai didatangi warga AS (kanan). - AFP/kompas.com

SEORANG fotografer pemerintah AS mengaku telah mengedit foto upacara pelantikan Presiden Donald Trump agar jumlah warga yang hadir terlihat lebih banyak. Proses penyuntingan foto dilakukan atas intervensi pribadi Presiden Trump.

Demikian menurut sebuah dokumen yang baru saja dirilis. Sang fotografer memangkas ruangan kosong di dalam foto itu untuk diganti sejumlah foto baru sesuai permintaan Trump.

Permintaan ini dilakukan sehari setelah Trump dilantik setelah dia marah melihat foto menunjukkan warga yang hadir ke pelantikannya jauh lebih sedikit ketimbang yang hadir dalam pelantikan Barack Obama pada 2009.

Rincian ini diungkap dalam harian The Guardian sesuai pernyataan dari Kementerian Dalam Negeri AS sesuai dengan Undang-undang Kebebasan Informasi Publik.

Baca: Sukses Diuji Coba, Ini Kecanggihan Baju Tempur Militer Rusia 

Baca: Wapres AS Bantah Jadi Penulis Rencana Lengserkan Donald Trump

Tabir Baru

Fakta baru ini membuka tabir baru krisis pemerintahan Trump yang sudah dimulai sejak hari pertama ketika Gedung Putih mengklaim upacara pelantikan Trump adalah yang terbesar sepanjang sejarah AS.

Dokumen itu merinci kesibukan Badan Pertamanan Nasional (NPS) pada 21 Januari 2017 setelah di pagi hari Trump menghubungi Direktur NPS Michael Reynolds.

Dokumen ini juga menyebut bahwa Sean Spicer, yang waktu itu adalah sekretaris pers Gedung Putih, menghubungi NPS berulang kali terkait foto pelantikan ini.

Rincian yang baru diungkap ini tidak termasuk dalam laporan direktur NPS yang menjalani pemeriksaan akibat masalah ini.

Hasil penyidikan itu dipublikasikan Juni tahun lalu. Laporan itu juga memberikan penjelasan berbeda soal tindakan yang diambil fotografer NPS.

Halaman
123
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com

Kronologi Polisi Gadungan Perkosa Siswi SMK di Hadapan Pacar, Berawal Kepergok Mesum di Warnet

Berita Populer