Kanal

Ribuan Anak Milenial Bakal Jalan Sarungan di Tangerang

Dalam rangka memeriahkan peringatan tahun baru Islam, Pemerintah Kota Tangerang menggelar sejumlah acara. Tradisi unik jalan sarungan menjadi kearifian lokal wilayah setempat yang bakal digelar dalam waktu dekat ini. - WARTA KOTA/ANDIKA PANDUWINATA

DALAM rangka memeriahkan peringatan tahun baru Islam, Pemerintah Kota Tangerang menggelar sejumlah acara.

Tradisi unik jalan sarungan menjadi kearifian lokal wilayah setempat yang bakal digelar dalam waktu dekat ini.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Bidang Kepemudaan pada Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tangerang, Ahmed Suhaely. Ahmed menjelaskan giat tersebut bersamaan dihelatnya Festival Al-Azhom pada 10 - 22 September 2018.

Menurutnya jalan sarungan ini memang terbilang unik. Serta menjadi budaya tersendiri di Kota berjuluk Akhlakul Karimah itu.

Terlebih tradisi ini nantinya mulai kembali dikenalkan kepada para pemuda milenial. Dan melestarikan budaya agar tak lekang oleh zaman.

"Targetnya sekitar 30.000 orang ikut dalam jalan sarungan ini," ujar Ahmed kepada Warta Kota, Jumat (7/9/2018).

Ahmed menyebut, berbagai kalangan turut serta memeriahkan acara tersebut. Mulai dari orangtua dan anak muda mengikuti jalan sarungan itu.

"Mereka berjalan santai menggunakan sarung. Dengan rute yang sudah kami siapkan," ucapnya.

Event gerak jalan sarungan akan mengambil titik start serta finish dari Masjid Raya Al-Azhom, Kota Tangerang. Dengan rute kurang lebih 4 KM.

Rencananya akan melewati Jalan TMP Taruna, kemudian lanjut ke Jalan Siwa Dalam menuju arah Jalan Ahmad Yani, belok kiri ke arah Pasar Anyar.

Kemudian dilanjut ke arah Jalan Soleh Ali menuju Jalan Veteran arah Tugu Adipura. Lalu belok kiri untuk kemudian kembali melewati Jalan TMP Taruna dan finish di Masjid Al-Azhom.

"Tujuannya untuk menjaga kearifan lokal. Karena jalan sarungan ini memang tradisi masyarakat Kota Tangerang," kata Ahmed.

"Selain itu juga bisa jalan sehat dan ada berbagai hadiah yang kami berikan," paparnya.

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Warta Kota

Anjing Milik Korban Pembunuhan di Bekasi Tak Mau Makan dan Menangis, Pakar: Bisa jadi Saksi

Berita Populer