Kanal

BNN Pamerkan Unit Deteksi K9 di Indo Pet Expo 2018

Aparat BNN saat mencoba kemampuan anjingnya untuk melacak narkotika di sekitar area Indo Pet Expo, Jumat (7/9). - Warta Kota/Zaki Ari Setiawan

BADAN Narkotika Nasional (BNN) menjadikan Indo Pet Expo 2018 sebagai tempat untuk unjuk gigi kemampuan Unit Deteksi K9 miliknya.

Bertempat di ICE BSD, Pagedangan, Tangerang, BNN menunjukan kepada para pengunjung bagaimana anjing-anjing yang sudah dilatihnya dapat menemukan narkoba di tempat-tempat tertutup.

Beberapa simulasi pun diperagakan, mulai dari penemuan narkotika di dalam kotak kayu, tas, koper, sampai objek yang bergerak.

Aparat BNN saat mencoba kemampuan anjingnya untuk melacak narkotika di sekitar area Indo Pet Expo, Jumat (7/9). (Warta Kota/Zaki Ari Setiawan)

Sejumlah anjing yang dilatih seperti labrador dan german shepherd pun menjadi primadona dalam simulasi tersebut.

Memanfaatkan penciumannya yang tajam, anjing-anjing itu dapat mendeteksi keberadaan narkotika secara cepat.

Pelaksana Tugas Kepala Unit K9 BNN, Doni TH menjelaskan maksud dari simulasi tersebut sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat untuk tidak sekali-kali bersentuhan dengan narkoba.

"Ini adalah edukasi, karena yang kita bawa adalah barang betulan. Ketika ditemukan kami tangkap, kami sekaligus memberikan sosialisasi, jangan pakai narkoba," kata Doni kepada para pengunjung.

Di bagian akhir simulasi, BNN mencoba kemampuan anjingnya untuk melacak narkotika di sekitar area Indo Pet Expo, hanya butuh beberapa menit sampai akhirnya anjing hasil latihan BNN itu menemukan narkotika di bawah sebuah tiang besi.

Melihat kemampuan anjing-anjing itu, para pengunjung yang kagum pun bertepuk tangan.

Aparat BNN saat mencoba kemampuan anjingnya untuk melacak narkotika di sekitar area Indo Pet Expo, Jumat (7/9). (Warta Kota/Zaki Ari Setiawan)

Setiap berhasil menemukan benda terlarang tersebut, para anjing akan diberikan sebuah mainan oleh trainernya.

Doni menerangkan, anjing-anjing yang sudah dilatih sebenarnya sedang mencari mainannya, akan tetapi petugas sudah merubah bau mainan tersebut.

"Jadi intinya anjing mencari bau mainannya, tapi kita ganti mainannya bau narkotika," jelasnya.

Penulis: Zaki Ari Setiawan
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota

5 ABG Digerebek Hendak Gelar Pesta Seks di Makassar, 3 Gadis Masih di Bawah Umur

Berita Populer