Kanal

Jalan Kedoya Raya Dibeton dan Dibersihkan dari PKL

Proyek betonisasi Jalan Kedoya Raya. - Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan

PEMBETONAN jalan di sebagian Jalan Kedoya Raya, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, dikerjakan seminggu terakhir.

Proyek ini dilaksanakan Dinas Bina Marga DKI untuk meningkatkan fungsi jalan yang sebelum ini pinggirannya diokupasi berbagai bangunan liar.

"Panjang pembetonan oleh Dinas Bina Marga DKI sekitar 500-an meter. Pembetonan jalan ini, setidaknya untuk dapat memfungsikan kembali jalan itu. Sebab, ketika sebelum pembetonan ada bangunan pos-pos, Pedagang Kaki Lima (PKL) berjualan. Dengan kembali fungsi awal, pengendara kan menjadi nyaman melintasnya," kata Kepala Suku Dinas Bina Marga Jakarta Barat Riswandi.

Pantauan Warta Kota, Kamis (7/9/2018), sebagian jalan di Jalan Kedoya Raya yang mengarah Pasar Pesing ini tengah dibongkar.

Menurut warga sekitar, jika pembongkaran jalan ini pun berjalan lebih dari seminggu.

Tak ada gangguan bagi pengendara yang saat itu melintas. Bahkan, beberapa pengendara mengaku bersyukur apabila jalan dibeton.

"Ya enggak apa-apa. Justru Pak, malah terlihat jauh lebih luas. Pinggi di Jalan Kedoya Raya ini saya kesal dengan bangunan pedagang Pasar Pesing. Menyempit jalannya gara-gara banyak dagangan mereka dijajakan di pinggir jalan ini," ungkap Ahcmadin Putra (31), yang sebagai pengendara mobil.

Sore dan malam hari, ujar Achamdin, kerapkali terjadi kemacetan. Hal ini, membuat sejumlah pengendara sulit untuk melintas.

"Bagaimana mau melintas, semobil juga tidak muat pak. Saya berharap jalan jadi mulus, dan tidak ada lagi para pedagang atau bangunan-bangunan liar lah," jelasnya.

Sementara salah seorang PKL, Jumadi (41) bertekad akan kembali berdagang di pinggiran jalan.

"Ya enggak apa-apa, betonkan saja. Toh nanti, tetap saya berjualan di pinggiran jalan. Jikalau dalam pasar, mana ada tempat sayanya. Kalau dagang di pinggiran jalan kan, enggak ada lah namanya uang sewa," katanya.

Penulis: Panji Baskhara Ramadhan
Editor: Max Agung Pribadi

Pimpin Selawatan di Panggung, Wanita Ini Mendadak Pingsan lalu Meninggal Dunia

Berita Populer