Kanal

Akhir Pekan Bersama Keluarga di Sekitar Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango

Sejumlah wisatawan melintas jembatan gantung Situgunung di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) Resort Situgunung, Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (17/6/2018). - Kompas.com/Budiyanto

Obyek wisata di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) bukan hanya puncak gunung yang lazimnya didaki kaum belia, tetapi banyak obyek lainnya bahkan ramah keluarga.

Kawasan TNGP terbentang di tiga wilayah, Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Sukabumi di Jawa Barat.

Dari ketiga wilayah tersebut memiliki potensi lingkungan hingga wisatanya masing-masing di luar puncak Gunung Gede dan Gunung Pangrango.

Dikutip dari data TNGP saat mengikuti perayaan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) di Taman Wisata Alam (TWA) Batu Putih, Bitung, Sulawesi Utara, TNGGP memiliki 58 sungai dan 1.075 anak sungai.

Dari banyaknya sungai tersebut menghasilkan 17 air terjun yang lazim disebut curug di Jawa Barat.

Curug-curug yang populer dikunjungi wisatawan antara lain Curug Nangka, Curug Luhur, Curug Cibeureum-Cibodas, Curug Sawer, Curug Cipadaranten, Curug Ciwalen, Curug Cikaracak dan Curug Beret.

"Banyak curug yang justru nggak di jalur pendakian, jadi khusus wisata curug aja sama bumi perkemahan," tutur Wita, Staf Penyuluh dan Komunikasi Masyarakat TNGP pada KompasTravel di sela acara HKAN, di Bitung, Kamis (30/8/2018).

Selain curug-curug, ada juga telaga dan danau bagi wisatawan yang suka bermain air, seperti Telaga Biru di Cibodas, Cianjur, dan Danau Situgunung, di  Sukabumi.

Keduanya juga bisa disebut ramah bagi keluarga sebagai wisata rekreasi dan edukasi.

Pusat pendidikan

Halaman
123
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Kompas.com

Beredar Foto-foto Awal Penemuan Jasad Korban Pembunuhan Sekeluarga di Bekasi, 2 Anak di Kamar

Berita Populer