Kanal

Jusuf Kalla: Pemimpin Itu Berlawanan tapi Berpelukan

Presiden Joko Widodo (kedua kiri) dan Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Prabowo Subianto (kedua kanan) berpelukan di sela menyaksikan Pencak Silat Asian Games 2018, di Padepokan Pencak Silat di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Rabu (29/8/2018). - ANTARA FOTO/INASGOC/Aditia Noviansyah

WAKIL Presiden Jusuf Kalla mengatakan, peristiwa hangat antara Joko Widodo dan Prabowo Subianto saat menonton pertandingan pencak silat, merupakan hal spontan dan bukan pencitraan.

"Itu spontan. Kita juga dapat citra kan? Asian Gamesnya berhasil, silatnya berhasil. Ya dua-duanya dapat," ujar JK di Kantor BMKG, Jalan Angkasa, Jakarta Pusat, Kamis (30/8/2018).

Bagi Jusuf Kalla, meski keduanya menjadi calon presiden di Pilpres 2019, bersaing secara adil harus ditampilkan sejak saat ini.

Baca: Jokowi dan Prabowo Pelukan, Fahri Hamzah: Penonton Tegang, yang Bertarung Biasa-biasa Saja

"Ya tentu nanti bersaing dengan fair. Tidak pakai maki-maki," ucapnya.

Sebelumnya, Jokowi dan Prabowo Subianto dan sejumlah pejabat termasuk JK, menyaksikan langsung pertandingan pencak silat di Padepokan Silat TMII, Jakarta Timur, Rabu (29/8/2018).

Setelah dinyatakan menang dan meraih emas, pesilat Indonesia Hanifan Yudani Kusumah sambil berselimut bendera putih menghampiri tamu di VVIP.

Baca: Jokowi dan Prabowo Pelukan, Ahmad Dhani Malah Minta Presiden Cuti Saat Kampanye

Hanifan menyalami dan memeluk satu per satu para pejabat yang hadir. Saat berada di antara Jokowi dan Prabowo, Hanifan memegang tangan Jokowi dan Prabowo, lalu memeluk keduanya.

Pelukan ketiganya menjadi momen yang disambut riuhan penonton yang hadir, lalu menjadi viral di berbagai media cetak, telivisi, online, serta media sosial.

"Dengan melihat anda punya foto saja di koran atau di televisi, kan rakyat sudah tahu. Namanya pemimpin itu berlawanan tapi berpelukan," papar JK. (Rina Ayu)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews

Viral Wanita Terobos Rombongan Presiden Jokowi dan Acungkan Jari Tengah, Tabrak Polisi yang Mengawal

Berita Populer