Kanal

Pemerintah Seharusnya Siapkan Stok Jagung untuk Kemarau, Bukan Diekspor

Jagung - Istimewa

Pemerintah diminta mempertimbangkan kebutuhan jagung dalam negeri sebelum memutuskan ekspor hasil panen jagung secara nasional. Terlebih, jagung termasuk sebagai bahan baku pembuatan pakan ternak.

Saat memasuki musim kemarau seperti saat ini, dikhawatirkan produksi jagung tidak akan sesuai target kebutuhan dalam negeri.

"Harusnya pada saat produksi, ada yang disimpan untuk memenuhi stok kebutuhan produksi pakan bulan April sampai September ini. Karena produksi sekarang rendah," ujar Sekjen Dewan Jagung Nasional, Maxdeyul Sola kepada wartawan, Rabu (29/8/2018).

Maxdeyul menyayangkan kurang adanya langkah antisipasi untuk menjaga stok jagung. "Yang disayangkan, pada produksi Oktober-Maret kemarin, kenapa pabrik pakan tidak beli sebanyak-banyaknya. Kemudian, Bulog kita juga tidak main untuk mengamankan pasokan dalam negeri," tuturnya.

Tak heran, kurangnya antisipasi stok, berimbas kepada tingginya harga jagung saat ini, tatkala produksi jagung menurun karena cuaca kering.

"Kalau melihat situasi sekarang, dengan harga tinggi, artinya bulan-bulan ini produksi jagung tidak banyak. Sehingga jumlahnya untuk suplai pabrik pakan yang berkesinambungan tiap bulan itu tidak terpenuhi," ungkapnya.

Terpisah, pengusaha jagung dari PT Lintas Agro Group Maksun Jatmiko mengakui, harga jagung di tingkat petani hingga pabrikan saat ini memang tengah tinggi. Dikatakannya, suplai yang minim karena saat ini belum memasuki musim tanam.

Ia menuturkan, harga jagung di tingkat petani bahkan telah mencapai kisaran Rp3.400-3.500 per kilogram. Harga yang lebih tinggi bakal dijumpai di tingkat pabrikan, mencapai Rp 5000.

Maksun mengungkapkan, kondisi naiknya harga jagung di sekitaran triwulan III memang terjadi tiap tahunnya.

Ironisnya ketika mulai memasuki masa panen raya di kisaran bulan April nanti, harga jagung justru anjlok.

Halaman
12
Editor: ahmad sabran
Sumber: Warta Kota

8 Pengakuan Tersangka Pembunuhan di Bekasi: Sakit Hati Dibangunkan saat Tidur Pakai Kaki

Berita Populer