Kanal

Gandeng Swasta, LRT Bakal Tersambung Hingga Bogor

Pekerja menggunakan alat berat mengangkat kereta LRT (Light Rail Transit) ke jalurnya di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu (15/7/2018) dini hari. - Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha

KEMENTERIAN Perhubungan menyatakan pembangunan jalur kereta rel ringan atau ligt rail transit (LRT) akan tersambung ke Bogor, Jawa Barat.

Sebab, saat ini progress pembangunan LRT Jabodebek baru mencapai fase pertama dari Cawang hingga Cibubur.

Pernyataan itu disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Puri Begawan Bogor, Jawa Barat, Sabtu (25/8/2018), seusai acara Dialog Nasional bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Pelaksana Jabatan Gubernur Jawa Barat Mochamad Iriawan, dan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto.

Baca: Anies Baswedan dan Jusuf Kalla Tinjau Kali Sentiong Sambil Makan Pisang

“Kita akan membangun LRT, bukan hanya di Cibubur saja, tetapi sampai Bogor, kita akan koneksikan dari Bogor ke Jakarta,” kata Budi Karya Sumadi.

Untuk pengerjaan konstruksi LRT tersebut, lanjutnya, pembiayaan akan melibatkan pihak swasta melalui mekanisme Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

“Akan dibuat KPBU, akan dibuat desain, kita berikan kesempatan swasta untuk nawar, mana yang paling ekonomis,” imbuh Budi Karya Sumadi.

Baca: Ian Kasela Takkan Lepas Kacamata Hitamnya Jika Jadi Anggota DPR

LRT Jabodebek merupakan salah satu moda transportasi yang mampu mengurangi kemacetan karena bisa mengangkut 465 ribu penumpang setiap harinya.

Pembangunan proyek LRT ini terbagi menjadi dua fase. Fase pertama dengan rute Cawang-Cibubur, Cawang-Dukuh Atas, dan Cawang Bekasi.

Sedangkan pada fase kedua, rute yang dilalui adalah Dukuh Atas-Senayan, Cibubur-Bogor, dan Palmerah-Bogor. (Syahrizal Sidik)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews

Inilah Sosok Pria Sulawesi yang Hanyut Sampai ke Jepang, Makan Ikan Mentah dan Sempat Diserang Hiu

Berita Populer