Kanal

Daftar Pemilih Tetatp di Tangerang Selatan Bertambah Jadi 841.194 Jiwa

Ketua KPU Tangerang Selatan Bambang Dwitoro di kantornya di Jalan Buana Kencana, Rawa Buntu, Serpong, Tangerang Selatan, Rabu (18/7/2018). - Warta Kota/Zaki Ari Setiawan

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 sebanyak 841.194 jiwa.

DPT tersebut merupakan hasil pencermatan terhadap perbaikan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP).

Jumlah ini mengalami peningkatan dari data Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang ditetapkan pada Juli lalu, yang mencapai 839.358 pemilih, dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) mencapai 3.781 unit.

Baca: Koalisi akan Lakukan Ini untuk Redam Kekecewaan Pendukung karena Jokowi Pilih Maruf Amin

Ketua KPU Kota Tangsel Bambang Dwitoro menjelaskan, hasil rekapitulasi ada penambahan dari DPSHP ke DPT.

Penambahan tersebut terjadi karena adanya masukan dari masyarakat maupun partai politik yang sebelumnya sudah terdata sabagai pemilih yang sudah melakukan perekaman KTP elektronik.

"Memang ada penambahan pemilih dari DPSHP ke DPT. Penambahan ini terjadi karena adanya beberapa warga yang sebelumnya tidak memiliki KTP elektronik, karena kami memiliki datanya, dan kami surati agar melakukan perekaman KTP elektronik, setelah itu baru bisa terdaftar sebagai pemilih," tutur Bambang di Serpong, Tangerang Selatan, Jumat (24/8/2018).

Baca: Soal Pengganti Sandiaga Uno, PKS: Jangan Sampai Dua Matahari Bersatu

Kata dia, jumlah penduduk Tangsel di atas 1,4 juta jiwa. Bambang menerangkan, syarat mutlak untuk terdaftar sebagai pemilih, harus memiliki KTP elektronik dan sudah melakukan perekaman dengan menunjukan bukti surat keterangan dari Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangsel.

"Karena memang masih banyak yang belum memiliki KTP elektronik, sementara syarat utamanya adalah harus memiliki KTP elektronik, dan minimal sudah melakukan perekaman dengan menunjukan bukti surat keterangan dari Disdukcapil," bebernya. (*)

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota

Video Sel Asli Setya Novanto Diunggah Najwa Shihab, Nazaruddin Ikut Tepergok di Dalamnya

Berita Populer