Kanal

Hidangan Ceviche Asal Peru Berbahan Dasar Ikan Ada di Gran Melia

Hidangan Ceviche di Hotel Gran Melia, Jakarta. - Gran Melia

Sama seperti Indonesia, Peru memiliki banyak hidangan tradisional warisan leluhurnya.

Salah satu yang amat representatif dan terkenal di dunia ialah ceviche.

"Hidangan Peruvian mana yang paling representatif di dunia, jawabannya Peruvian Ceviche (Ceviche khas Peru)," kata Natalia Gonzalez Echeverria, chef asli Peru yang kini di Jakarta, saat Media Tasting Peruvian Cuisine di Gran Melia, Jakarta, Senin (19/8/2018).

Dia menjelaskan, ceviche merupakan hidangan berbahan dasar ikan yang populer di kawasan pesisir Amerika Latin.

Baca: Menikmati Aneka Kuliner di Kampoeng Legenda di Mal Ciputra Jakarta Barat

Bahan dasar hidangan tersebut adalah ikan segar yang diawetkan dalam cairan jeruk atau lemon, dan rempah-rempah dengan cabai capsicum baccatumatau.

Setelah itu, ceviche  diolah dengan kreasi dan tradisi masing-masing negara.

Meski banyak negara yang menyajikan ceviche, Natalia Gonzalez mengungkapkan bahwa dalam sejarah gastronomi Amerika Latin, ceviche berasal dari kebudayaan Suku Inca yang dulu pernah mendominasi daerah Lima, ibukota Peru.

Variasi hidangan Ceviche di Gran Melia, Jakarta. (Gran Melia)

 "Ceviche diduga telah dikonsumsi sekitar 2.000 tahun yang lalu, setelah Spanyol masuk mereka mengadopsi dan membawanya ke daerah-daerah jajahannya di Amerika Latin terutama," tuturnya kepada KompasTravel.

Hingga saat ini chevice merupakan hidangan yang populer di dunia, berasal dari berbagai negara Amerika Latin.

Namun setiap negara punya kekhasannya masing-masing dalam mengolah ceviche. Ragam jenis ceviche yang paling banyak ditemukan di Peru, juga merupakan yang paling tradisional setelah Kolombia, dan Ekuador.

Ceviche juga tersedia di pesisir Honduras, El Salvador, Belize, Guatemala, Amerika Serikat, Meksiko, Panama, Karibia, dan beberapa negara lainnya.

Baca: 10 Tempat Wisata Kuliner Paling Top di Purwokerto Jawa Tengah

"Kita masak ceviche tidak bisa lama, hanya beberapa menit untuk menjaga kesegarannya, itu resep tradisional yang dijaga untuk peruvian ceviche," tutur chef perempuan yang telah berkarya di Indonesia selama lima bulan ini.

Bahan utama ceviche ialah ikan segar saebass, tetapi bisa diganti ikan laut lainnya seperti yang KompasTravel coba, tuna cheviche dalam acara tersebut.

Sedangkan bumbu yang digunakan antara lain ketumbar, bawang merah dan bawang putih iris, cabai merah yang juga diiris tipis, umbi-umbian, dan jagung.

Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Kompas.com

Viral Rumah Bohemian Rapsody di Blitar, Gaya Eropa dan Dianggap Mistis, Lihat Video Penampakannya

Berita Populer