Kanal

Dinosaurus Muncul Jadi Pemenang Karnaval 'Sedekah Bumi' di Desa Sumari Gresik

Ibu-ibu bercaping dan berkebaya membawa bakul berisi sayuran saat acara karnaval 'Sedekah Bumi' di Desa Sumari, Gresik, Jawa Timur, Minggu (19/8/2018). - Kompas.com/Hamzah

Warga Desa Sumari, Kecamatan Duduksampean, Gresik, Jawa Timur, kembali menggelar acara 'Sedekah Bumi', Minggu (19/8/2018).

Acara tersebut sekaligus untuk memeringati HUT ke-73 Kemerdekaan RI.

Setelah vakum tahun lalu, warga antusias menyambut kembali  para ‘raksasa’ di desanya.

Sudah tentu bukan raksasa dalam arti sebenarnya, melainkan kreativitas warga setiap Rukun Tetangga (RT) yang ada di Desa Sumari, memamerkan hasil karyanya.

Karya-karya mereka dipamerkan saat karnaval 'Sedekah Bumi' antara lain katak, badak, dinosaurus, burung merak, kuda, hingga hulk, dalam ukuran jumbo atau raksasa.

“Tahun kemarin memang sempat ditiadakan, karena saat itu agenda berbarengan dengan bulan puasa, sekaligus padatnya acara yang ada di desa," ucap Kepala Desa Sumari, Muhammad Arif Wijaya.

"Tapi karena warga banyak yang terus bertanya, Alhamdulillah pada tahun ini bisa kembali diselenggarakan dan disambut cukup antusias oleh warga,” ujarnya.

Baca: Gelar Acara Adat Sedekah Bumi, Kabupaten Tangerang Berniat Lestarikan Kearifan Lokal

Arif mengatakan, Sedekah Bumi merupakan acara rutin yang selalu diadakan di Desa Sumari.

Selain adu kreativitas, setiap ikon RT yang ditampilkan harus didukung oleh warga saat berkeliling kampung sebagai kriteria penilaian bagi pemenang.

Seperti RT 001 mencoba menampilkan hasil kreativitas berupa katak raksasa yang dipadu dengan rumput asli dan juga kacang panjang. Warga mendukungnya dan kompak mengenakan pakaian olahraga berwarna hijau.

Halaman
123
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Kompas.com

Pengakuan Wanita Penabrak Anggota Polisi usai Terobos Rombongan Presiden Jokowi

Berita Populer