Kanal

Raih Rekor Muri, Replika De Tjolomadoe dari 17.845 Timus

REPLIKA Gedung De Tjolomadoe yang disusun dengan timus sebanyak 17.845 meraih rekor MURI, Sabtu (18/8/2018). - Kompas.com/Muhlis Al Alawi

MERAYAKAN Kemerdekaan ke-73 RI, gedung bekas pabrik gula De Tjolomadoe, Karanganyar, Jawa Tengah, meraih rekor MURI dengan membuat replika menggunakan 17.845 timus (kue berbahan ketela), Sabtu (18/8/2018).

Pembuatan Replika De Tjolomadoe yang disusun dari 17.845 Timus merupakan puncak Festival Timus yang digelar sejak Kamis (16/8/2018) hingga Sabtu (18/8/2018).

Replika gedung Tjolomadoe dikerjakan oleh 20 siswa-siswi SMKN 4 Karanganyar dan 10 orang dari ICA (Indonesian Chef Association) yang diketuai oleh Chef Brian Wicakssono (Runner Up Master Chef Indonesia 3).

Hasilnya, penyusunan timus replika De Tjolomadoe berhasil menorehkan Rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai “Replika De Tjolomadoe dari Rangkaian Timus Terbanyak”.

Piagam Rekor MURI diserahkan Ekeskutif Manager MURI Sri Widyawati kepada Bupati Karanganyar, Juliyatmono.

Usai menerima penghargaan, Juliyatmono mengatakan dipilihnya timus sebagai bahan pembuatan replika De Tjolomadoe karena makanan itu populer di daerahnya.

Apalagi setiap hari warga bisa membuat berton-ton timus untuk dikonsumsi dan dijual. Tak hanya itu, bahan baku timus murah, hiegenis dan mudah dicari di pasar.

Rekor dunia

Ekeskutif Manager MURI Sri Widyawati mengatakan perhitungan dari tim, pembuatan replika De Tjolomadoe dengan susunan timus memecahkan rekor dunia.

Rekor itu tercetak dengan 17.845 butir timus.

Halaman
12
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com

Viral Reaksi Ketum PSSI Edy Rahmayadi Menutup Wawancara Sepihak, soal Insiden Tewasnya The Jak Mania

Berita Populer